ANALISIS DAN DESAIN SISTEM IDENTIFIKASI PREFERENSI KONSUMEN PRODUK KERIPIK PISANG LAMPUNG

Aditia Ginantaka, Dian Novitasari

Abstract

Banyaknya pelaku usaha yang memproduksi keripik pisang mengharuskan para produsen untuk
lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan sebuah produk. Informasi mengenai jenis
produk yang diinginkan oleh pasar sangat dibutuhkan oleh produsen sebelum melakukan
pengembangan produk. Penelitian ini menunjukan sebuah analisis dan desain sistem identifikasi
parameter produk yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap produk keripik pisang.
Proses analisis disimulasikan dalam Business Process Model and Notation (BPMN) untuk
mengetahui peran setiap stakeholder yang terlibat dalam sistem serta input data yang
dibutuhkan. Skala linkert digunakan untuk menentukan tingkat kesukaan konsumen terhadap
sampel produk. Parameter yang paling mempengaruhi preferensi konsumen ditentukan dengan
analisis faktor menggunakan metode Relief. Hasil analisis menunjukan bahwa seluruh bisnis
proses dapat diverifikasi dan dihasilkan tiga produk keripik yang paling diminati yaitu Suseno,
Yenyen, dan Mr. Monkey. Metode Relief menunjukan bahwa kadar minyak merupakan
parameter yang paling penting

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.