Trend Konsumsi Produk Halal Pada Generasi Z Di Era Revolusi Industri 4.0

Main Article Content

Siti Ropikoh
Mardiah Mardiah
Syahrir Akil

Abstract

Perkembangan revolusi industri 4.0 dapat mempengaruhi tren konsumsi produk pangan untuk Generasi Y dan Z dalam memahami seberapa penting mengkomsumsi produk halal. Bagaimana Generasi Y dan Z membedakan produk halal dan menyikapi isu sosial terkini terkait tren konsumsi produk halal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Responden yang diambil secara acak mewakilkan dari berbagai umur dari kalangan Generasi Y dan Z (umur 19-28 tahun) sebanyak 10 orang. Data penelitian dikumpulkan secara kuantitatif sehingga didapatkan hasil perbandingan dari total jumlah responden. Teknik pengumpulan data melalui interview dan analisis data yang digunakan adalah analisa kualitatif. Generasi Y dan Z memahami pentingnya mengkonsumsi produk halal, namun tidak semua generasi memahami definisi produk halal yang sebenarnya jika ditinjau dari fisik (kemasan atau kondisi produk). Generasi Y dan Z terpengaruh terhadap isu sosial terkini terkait tren konsumsi produk pangan sehingga mempengarui daya konsumsi. Aktivitas juga mempengaruhi awareness terhadap produk halal. Generasi Y dan Z sudah memahami bagaimana pentingnya mengkonsumsi produk halal untuk diri sendiri dan syariat agama, namun belum sepenuhnya memahami makna produk halal yang sebenarnya jika ditinjau secara fisik pada kemasan atau produk pangan.

Article Details

How to Cite
Ropikoh, S. ., Mardiah, M., & Akil, S. (2021). Trend Konsumsi Produk Halal Pada Generasi Z Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 3(2), 16–21. https://doi.org/10.30997/jiph.v3i2.9705
Section
Articles

References

Abdullah, R., Sabar, R., & Mustafar, M. (2018). Green Halal Supply Chain in Malaysian Halal Food Companies: A Conceptual Framework. International Journal of Supply Chain Management, 7(5), 502-510.

Bashir, A. M. et al. (2019). Factors affecting consumers' intention towards purchasing halal food in South Africa: a structural equation modeling, Journal of Food Products Marketing, 25(1), 26–48. DOI: 10.1080/10454446.2018.1452813.

Charity, M. L. (2017). Jaminan Produk Halal di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 14(1), 99-108.

Jaafar, H. S., Endut, I. R., Faisol, N., Omar, E. N. (2011). Innovation in logistics services–halal logistics. In 16th International Symposium on Logistics (ISL), 1(1), 844-851.

Lada, S., Harvey Tanakinjal, G., & Amin, H. (2009). Predicting intention to choose halal products using a theory of reasoned action, International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 2(1), 66–76. DOI: 10.1108/17538390910946276.

Mahsun, M., Hasib, N., & Shohib, M. (2022, Februari 26-27). Telaah Literasi Traceability Suply Chain Process Sebagai Bagian Dari Jaminan Produk Dan Industri Halal. Annual Conference for Muslim Scholars, 176-188.

Ma'rifat, T. N., & Sari, M. (2017). Penerapan Sistem Jaminan Halal pada UKM bidang Pangan Olahan Pangan Hewani. Journal of Social Dedication, 1(1), 39-46.

Patel, M., & Patel, N. (2019). Exploring Research Methodology: Review Article. International Journal Research and Review, 6(3), 48-55.

Purwanto, A., A, M., S, P. B., W, L. M., H, C. C., S, O. B., & S, M. P. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Otokratis terhadap Kinerja Sistem Jaminan Halal HAS 23000 pada Industri Makanan Kemasan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 156-179.

Religion Information Data Explorer | GRF. (n.d.). Pew-Templeton: Global Religious Futures Project. Retrieved November 12, 2022, from http://globalreligiousfutures.org/explorer#/?subtopic=36&countries=Worldwide&question=305&chartType=map&answer=14220&year=recent&religious_affiliation=23&gender=all&age_group=all&pdfMode=false

Salehudin, I., & Luthfi, B. A. (2011). Marketing impact of halal labeling toward Indonesian Muslim consumer's behavioral intention based on Ajzen's planned behavior theory: policy capturing studies on five different product categories. ASEAN Marketing Journal, 1(1), 35-42.

Shalleh, M. f. M., & Hussin, R. (2013, November 28). Halal Assurance System Requirements and Documentation in Cosmetics Industry. Proceeding of International Conference on Halal Issues and Policies, 1-6.

Zulfakar, M. H., Jie, F., Chan, C. (2012). Halal food supply chain integrity: from a literature review to a conceptual framework. In 10th ANZAM Operations, Supply Chain and Services Management Symposium

Most read articles by the same author(s)