Efektifitas Pembinaan Pemenuhan Komitmen Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di Kabupaten Sukabumi

Main Article Content

Widjayanti Widjayanti
Sri Widowati
Mardiah Mardiah

Abstract

Pangan segar asal tumbuhan (PSAT) merupakan pangan yang menjadi kewenangan dinas yang menangani urusan pangan di Kabupaten/kota. Pelaksanaan pemenuhan 3 komitmen registrasi pangan segar asal tumbuhan (PSAT) oleh pelaku usaha PSAT akan dapat berjalan secara efektif dan efisien apabila didukung oleh berbagai sarana dan prasarana termasuk sumberdaya manusia yang memahami akan pentingnya pemenuhan 3 komitmen registrasi PSAT. Tujuan kegiatan internship di Dinas Ketahanan Pangan adalah agar pelaksanaan pembinaan pemenuhan 3 komitmen registrasi PSAT oleh pelaku usaha dapat berjalan secara efektif sesuai dengan peraturan yang berlaku. Metode yang digunakan dalam kegiatan internship ini adalah dengan cara terjun langsung dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan pemenuhan 3 komitmen registrasi PSAT baik di Bidang Keamanan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi, maupun di pelaku usaha PSAT yaitu PD. Aster. Dari hasil internship ini dihasilkan 2 jenis google form untuk form penilaian mandiri dan form penilaian penerapan yang baik PSAT, dihasilkan pula beberapa form standard operating procedures (SOP) yang dapat membantu PD. Aster dalam pemenuhan penerapan yang baik PSAT serta Pendampingan pembuatan SOP di PD. Aster yang telah dilakukan untuk memperbaiki SOP yang telah ada, dan membantu membuat SOP yang belum tersedia untuk dapat mempercepat pemenuhan persyaratan penerapan penanganan yang baik PSAT.

Article Details

How to Cite
Widjayanti, W., Widowati, S. ., & Mardiah, M. (2022). Efektifitas Pembinaan Pemenuhan Komitmen Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.30997/jiph.v4i1.9828
Section
Articles

References

Atmoko, Tjipto. 2011. Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Unpad, Bandung.

Amanda Lestari, T., & Jumiono, A. (2021). Pendampingan Penyusunan Manual Sistem Jaminan Produk Halal dan Digital Marketing di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 3(1).

Azizah, Lely. 2022. Apa itu SOP? Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya. https://www.gramedia.com/best-seller/apa-itu-sop.

Badan Pengawas Obat dan Makanan [BPOM]. 2021. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penerapan Sistem Jaminan Keamanan dan Mutu Pangan Olahan di Sarana Peredaran. BPOM, Jakarta.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi. (2021). Rencana Strategis Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi Tahun 2021-2026.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi, 2022. Laporan Kinerja Dinas Ketahanan Pangan Tahun 2022.

Jumiono, A., Dihansih, E., & Rochmana, I. (2020). Studi Penerapan HACCP Pada Produsen Mi Glosor Di Kota Bogor. Jurnal Pertanian, 11(1), 29-38.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi. (2021). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Sukabumi Tahun 2021-2026.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2004 tentang Keamanan dan Mutu, dan Gizi Pangan, Kementrian Hukum dan Ham RI.

Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2018 tentang Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan, Kementrian Hukum dan Ham RI.

Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Standar Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pertanian. Kementrian Hukum dan Ham RI.

Peraturan Badan Pangan Nasional Republik Indonesia [PBPNRI]. 2023. Peraturan Badan Pangan Nasional nomor 2 tahun 2023 tentang label pangan segar. Kementrian Hukum dan Ham RI.

Presiden Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan. Kementrian Hukum dan Ham RI.

Sailendra, Annie. 2015. Langkah-Langkah Praktis Membuat SOP (Standard Operating Procedures). Trans Idea Publishing. Jakarta.

Sedarmayanti. (2017a). Perencanaan dan Pengembangan SUMBER DAYA MANUSIA Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. PT.Refika Aditama.

Soraya, D., Sukandar, D., & Sinaga, T. (2017). Hubungan pengetahuan gizi, tingkat kecukupan zat gizi, dan aktivitas fisik dengan status gizi pada guru SMP. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(1), 29–36.

Syahlan Mattiro. (2019). Pengetahuan Lokal Ibu Tentang Pentingnya Gizi dan Sarapan Pagi Bagi Anak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 1(1).

Syahputra, Trianda, Milva Yetri, Siwi Dwi Armaya, 2017. Sistem Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Kualitas Pemasukan Pangan Segar Metode Smart. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. Volume IV Nomor 1, Halaman 7 – 12.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>