Analisis Pengendalian Mutu Kemasan Produk Mi Instan X dengan Metode Six Sigma di PT. Y
Main Article Content
Abstract
PT. Y merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan yang memproduksi mi instan yang dikemas dengan kemasan plastik dan ditambah dengan bumbu sesuai jenis rasa. Selama proses produksi berjalan, ditemukan adanya produk yang cacat atau kerusakan pada kemasannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis cacat/ defect, melakukan analisis faktor-faktor penyebab cacat/defect dari produk yang sering terjadi dan menyusun upaya perbaikan dengan menggunakan metode Six Sigma yang terdiri atas tahap Define, Measure, Analyze, Improve dan Control (DMAIC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan Y memiliki nilai sigma sebesar 4,06. Melalui hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa terdapat 3 cacat/defect yang dominan terjadi pada pengemasan produk mi instan merk X yaitu kemasan berlubang tertusuk mi sebesar 39,464%, mi tertekan seal kemasan/gencet mi sebesar 24,138% dan kemasan meletus sebesar 16,475%. Faktor penyebab kerusakan kemasan produk berasal dari faktor manusia, metode, bahan dan mesin. Usulan perbaikan yang direkomendasikan yaitu pembentukan tim Quality Improvement, adanya penambahan Instruksi Kerja (IK) untuk pengecekan tekanan conveyor busa di mesin packing dan IK untuk penyortiran mi, mencari bahan kemas dan busa penekan yang lebih tepat, maintenance dan perbaikan untuk mesin slitter, perbaikan thermocontrol dan pengadaan singkron untuk conveyor busa penekan dan conveyor mi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agussalim, M., & Ali, H. 2017. Model Kepuasan Pelanggan: Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Merek Pada Giant Citra Raya Jakarta. Jurnal Manajemen, 21(3), 317–335.
Amalia, L., Putri, F. A., Mardiah, M., & Kusumaningrum, J. . (2023). Pengaruh Konsentrasi MDM (Mechanically Deboned Meat) Terhadap Karakteristik Sensori dan Kimia Bakso. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 5(2), 147–154.
Bertolaccini, L., A. Viti and A. Terzi. 2015. The statistical point of view of quality: the lean six sigma methodology. Journal of Thoracic Disease. 7(4): 66 – 68.
Bhat & CozzoIino. 2021. Pengendalian Kualitas Statis. Jakarta: Lembaga Penerbit.
Dale. 2019. Guide to Quality Control. Cambridge: Massachusetts Institute Of Technology.
Gaspersz, V. 2006. Continuous Cost Reduction Through Lean-Six Sigma Approach. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Habibah, U. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. JEB17: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(01).
Hairiyah, N., R.R. Amalia dan I.K. Nugroho. 2020. Penerapan Six Sigma dan Kaizen untuk Memperbaiki Kualitas Roti di UD. CJ Bakery. Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian. 5(1):35-43.
Haryono. 2020. Upaya Peningkatan Kualitas pada Pembuatan Roda Castor 5 dengan Menggunakan Metode Six Sigma dan Pengendalian Proses Statistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Technology.
Idris, I., R.A. Sari, Wulandari, and U. Uthumporn. 2016. Pengendalian Kualitas Tempe dengan Metode Seven Tools, J. Teknovasi, 3(1):66-80.
Jumiono, A., Khaira, N., & Barinta, D. D. (2024). Buku Pengantar Bisnis: Teori Komprehensif Dunia Bisnis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jumiono, A., Mardiah, M., Amalia, L., & Puspasari, E. (2023). Identifikasi Titik Kritis Kehalalan Bahan Nabati Dan Produk Turunan Bahan Nabati. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 5(1), 21–29.
Ramdhani, M. dan W. Sudarwati. 2016. Analisis Menurunkan Cacat Tutup Botol Tablet Sakatonik ABC dengan Metode Six Sigma di PT Bintang Toedjoe. Jurnal Integrasi Sistem Industri. 3(2):37-44.
Sabillah, A.S.S., Negoro, Y. P., dan Hidayat. 2024. Analisis Tingkat Kerusakan Kemasan Mi Instan Goreng Menggunakan Metode Six Sigma dan FMEA Pada PT. Karunia Alam Segar. G-Tech Jurnal Teknologi Terapan, 8(2):1261-1271.
Setiawati, K.L., I.K. Satriawan dan I.W.G.S. Yoga. 2020. Analisis Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma pada Produk Roti Tawar di PT. Ital Fran’s Multindo Food Industries Cabang Bali. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 8(40):587-594.
Soeka, Y., & Jumiono, A. (2019). Studi Penerapan Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) dan Umur Simpan Mi Glosor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 1(1).
Trenggonowati, D.L. dan G.I. Bimantara. 2018. Pengendalian Kualitas Cacat Karton Divisi Noodle dengan Menggunakan Metode Six Sigma di PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. Jurnal TEKNIKA, 12(2):129-142.
Yulianto, T. dan A.Z. Al-Faritsy. 2016. Perbaikan Kualitas Produk Wajan Dengan Menggunakan Metode Six Sigma dan Kano. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 14(2): 167-173.