Pengaruh Media Monopoli Education Terhadap Minat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14605Keywords:
Pengaruh Media Monopoli Education, Minat Belajar, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah proses pembelajaran yang dapat mengajarkan siswa untuk berkomunikasi secara baik menggunakan bahasa indonesia, pada pembelajaran Bahasa Indonesia ini dapat melibatkan sebuah hubungan antara siswa dan guru serta dapat memperhatikan kemampuan siswa, kebutuhan siswa, dan dapat melibatkan terhadap minat siswa terhadap pembelajaran bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain kuantitatif. Penelitian bertujuan guna mengetahui apakah penerapan media monopoli pada pendidikan berpengaruh terhadap minat belajar siswa pad mata pelajaran Bahasa Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini menerapkan desain eksperimen dengan dua variabel yang mempengaruhi dan satu variabel yang dipengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran monopoli telah terbukti berpengaruh positif dan signifikan dengn minat belajar siswa, maka ketika proses pembelajaran di ruang kelas siswa tidak mudah merasa bosan dan guru juga energinya tida habis dalam proses belajar mengajar. Uji hipotesis menunjukkan hasil data dari posttest dan pretest dengan nilai signifikansi 0,000 0.05, sehingga bisa diartikan jika hasil Ha dapat diterima oleh hasil hipotesis, sedangkan Ho tidak dapat diterima oleh hasil uji hipotesis, hal ini dapat menunjukan bahwa variabel pada media pembelajaran dengan menggunakan media Monopoli education terdapat memiliki pengaruh terhadap nilai signifikansi terhadap minat pada pembelajaran bahasa Indonesia.
References
Ali, M. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1),35–44.
https ://doi.org/10.31851/pernikv3i2.4839.
Fitrianingtyas, I., Suryandari, K. C., & Tatminingsih, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri di Gugus Nusa Kecamatan Karanganyar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 409. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.73548
Haqiqi, N. (2017). PENGGUNAAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN EKONOMI DI INDONESIA DALAM TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI KELAS IV SDN BABATAN I/456 SURABAYA. 05.
Hoerudin, C. W. (n.d.). STRATEGI GURU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI DENGAN METODE CERITA BERGAMBAR.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
sugiyono. (n.d.). Metode penelitian. In Metode penelitan kualitatif, dasar- dasar evaluasi, prosedur penelitian.
Tanjung, R., Supandi, & Moch Toyyib, A. (2021). PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI PASIRKALIKI II KARAWANG. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299
Wulandari, R., Rimbawati, Y., Minata, F., & Jaya Kk, I. F. (2023). Hubungan Antara Pengetahuan Keluarga dan Dukungan Keluarga Dengan Kejadian Stroke Pada Lansia. JURNAL KESEHATAN TERAPAN, 10(1), 44–53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rini Rahayu, Mega Febriani Sya, Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.