Pengaruh Media Monopoli Education Terhadap Minat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Rini Rahayu Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14605

Keywords:

Pengaruh Media Monopoli Education, Minat Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah proses pembelajaran yang dapat mengajarkan siswa untuk berkomunikasi secara baik menggunakan bahasa indonesia, pada pembelajaran Bahasa Indonesia ini dapat melibatkan sebuah hubungan antara siswa dan guru serta dapat memperhatikan kemampuan siswa, kebutuhan siswa, dan dapat melibatkan terhadap minat siswa terhadap pembelajaran bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain kuantitatif. Penelitian bertujuan guna mengetahui apakah penerapan media monopoli pada pendidikan berpengaruh terhadap minat belajar siswa pad mata pelajaran Bahasa Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini menerapkan desain eksperimen dengan dua variabel yang mempengaruhi dan satu variabel yang dipengaruhi. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran monopoli telah terbukti berpengaruh positif dan signifikan dengn minat belajar siswa, maka ketika proses pembelajaran di ruang kelas siswa tidak mudah merasa bosan dan guru juga energinya tida habis dalam proses belajar mengajar. Uji hipotesis menunjukkan hasil data dari posttest dan pretest dengan nilai signifikansi 0,000 0.05, sehingga bisa diartikan jika hasil Ha dapat diterima oleh hasil hipotesis, sedangkan Ho tidak dapat diterima oleh hasil uji hipotesis, hal ini dapat menunjukan bahwa variabel pada media pembelajaran dengan menggunakan media Monopoli education terdapat memiliki pengaruh terhadap nilai signifikansi terhadap minat pada pembelajaran bahasa Indonesia.

References

Ali, M. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1),35–44.

https ://doi.org/10.31851/pernikv3i2.4839.

Fitrianingtyas, I., Suryandari, K. C., & Tatminingsih, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri di Gugus Nusa Kecamatan Karanganyar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 409. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.73548

Haqiqi, N. (2017). PENGGUNAAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN EKONOMI DI INDONESIA DALAM TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI KELAS IV SDN BABATAN I/456 SURABAYA. 05.

Hoerudin, C. W. (n.d.). STRATEGI GURU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI DENGAN METODE CERITA BERGAMBAR.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

sugiyono. (n.d.). Metode penelitian. In Metode penelitan kualitatif, dasar- dasar evaluasi, prosedur penelitian.

Tanjung, R., Supandi, & Moch Toyyib, A. (2021). PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI PASIRKALIKI II KARAWANG. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299

Wulandari, R., Rimbawati, Y., Minata, F., & Jaya Kk, I. F. (2023). Hubungan Antara Pengetahuan Keluarga dan Dukungan Keluarga Dengan Kejadian Stroke Pada Lansia. JURNAL KESEHATAN TERAPAN, 10(1), 44–53.

https://doi.org/10.54816/jk.v10i1.578

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Rahayu, R., Sya, M. F. ., & Laeli, S. (2024). Pengaruh Media Monopoli Education Terhadap Minat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Karimah Tauhid, 3(8), 8791–8799. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14605
Abstract viewed = 4 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.