Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14333Keywords:
Pola asuh, Perkembangan, AnakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak usia sekolah dasar, yang bisa di katakan Pendidikan awal, Artikel ini menggunakan konsep-konsep dari psikologi perkembangan untuk mengkaji peran pendidik dan pola pengasuhan dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Di sana dapat mengembangkan perilaku terstruktur untuk menghadapi lingkungan dan perkembangannya. Anak-anak fokus pada perlunya menjaga kedekatan dengan orang tua dan pengasuhnya. Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak meliputi faktor internal , faktor dalam lingkungan seperti keluarga dan sebagainya dan faktor eksternal atau luar lingkungan.
References
Amaliana, A., & Afrianti, N. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap kemandirian Anak di Rumah dan di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 58–63. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.901
Anggraini, Y. (2024). Psikologi Keluarga Dinamika Hubungan Dan Pola Asuh. Circle Archive, 1(4), 1–16. https://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/128
Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871
Mulyanti, S., Kusmana, T., & Fitriani, T. (2021). Pola engasuhan orangtua terhadap perkembangan anak usia pra sekolah :Literature Review. HealthCare Nursing Journal, 3(2), 116–124. https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/healtcare/article/view/1333
Rochmah, F., Machmud, A., Mufid, M. A., & Kuswoyo, N. A. (2023). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 01(3), 23–40.
Rozali, Y. A. (2015). Kecerdasan Interpersonal Remaja ditinjau dari Penerapan Pola Asuh Orang Tua. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 446–452.
Sitanggang, F. S., Silaban, P. J., Lumbangaol, R., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepribadian Siswa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2358–2362. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/589
Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453
Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214
Syifa, N., Rachman, A., & Asniwati, A. (2023). Kerjasama Orang tua dengan Sekolah dan Pola Asuh Orang tua Berpengaruh terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 384–397. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3745
Wiguna, A. A., & Tridiyawati, F. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak. Malahayati Nursing Journal, 4(9), 2410–2422. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i9.6863
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zahra Saputri, Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.