Pengaruh Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa dalam Materi IPA Perubahan Energi di Kelas IV MI Taufiqurrahman
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14303Keywords:
Project Based Laerning, Berfikir Kreatif, Perubahan EnergiAbstract
Salah satu ciri kognitif kreativitas adalah kemampuan berpikir kreatif. Kapasitas untuk berpikir kreatif berarti Anda dapat memunculkan ide-ide baru, memecahkan masalah dengan cara-cara baru, dan secara umum meningkatkan pemikiran Anda. Kurangnya pengembangan model project based learning dan belum tuntasnya penerapan kemampuan berpikir kreatif di sekolah merupakan permasalahan yang saling berkaitan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam bidang pendidikan sains. Penelitian guna keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV MI Taufiqurrahman dengan mengkaji dampak model project based learning (PjBL) pada topik terkait energi. Para ilmuwan menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan metodologi eksperimental dalam penelitian mereka. Desain penelitian ialah quasi eksperimen dengan layout pre-test, post-test, dan control group. Setelah mengkaji literatur dan melakukan wawancara, peneliti sampai pada kesimpulan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen pada materi perubahan energi meningkat secara signifikan pada implementasi model project based learning (PjBL). Hal ini membuat kami yakin bahwa kurikulum perubahan energi untuk siswa kelas empat MI Taufiqurrahman mendapat manfaat besar dari pendekatan project based learning (PjBL).
References
Anggraini, P. D. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 292-299.
Azhari, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivime di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika (Mathematics Education Journal).
Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Fitriyani, A. (2021). ENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL
(PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS. 209-224.
Nigrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea.
Rinia Surya Nita, I. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL).
BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 231-238.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D / Sugiyono.
Alfabeta.
Utami Azzahra, F. A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT- BASEDLEARNING(PjBL)TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR
KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI:LITERATURE
REVIEW. BIOCHEPHY: JournalofScienceEducation, 49-60.
Warda Rasidah, T. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learningterhadap Penguasaan Materi IPA pada SiswaSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 1072-1078.
Wulandari, F. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 10-16.
Yulianto, A. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII A MTs SUNAN
KALIJOGO KOTA MALANG. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, 248-261.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hesti Salsabillah; Wiworo Retnadi Rias Hayu; Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.