Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah

Authors

  • Zahra Saputri Universitas Djuanda
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14333

Keywords:

Pola asuh, Perkembangan, Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak usia sekolah dasar, yang bisa di katakan Pendidikan  awal, Artikel ini menggunakan konsep-konsep dari psikologi perkembangan untuk mengkaji peran pendidik dan pola  pengasuhan dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Di sana dapat mengembangkan perilaku terstruktur untuk menghadapi lingkungan dan perkembangannya. Anak-anak fokus pada perlunya menjaga kedekatan dengan orang tua dan pengasuhnya.  Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak meliputi faktor internal , faktor dalam lingkungan seperti keluarga dan sebagainya dan faktor eksternal atau luar lingkungan.

References

Amaliana, A., & Afrianti, N. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap kemandirian Anak di Rumah dan di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 58–63. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.901

Anggraini, Y. (2024). Psikologi Keluarga Dinamika Hubungan Dan Pola Asuh. Circle Archive, 1(4), 1–16. https://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/128

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871

Mulyanti, S., Kusmana, T., & Fitriani, T. (2021). Pola engasuhan orangtua terhadap perkembangan anak usia pra sekolah :Literature Review. HealthCare Nursing Journal, 3(2), 116–124. https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/healtcare/article/view/1333

Rochmah, F., Machmud, A., Mufid, M. A., & Kuswoyo, N. A. (2023). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 01(3), 23–40.

Rozali, Y. A. (2015). Kecerdasan Interpersonal Remaja ditinjau dari Penerapan Pola Asuh Orang Tua. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 446–452.

Sitanggang, F. S., Silaban, P. J., Lumbangaol, R., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepribadian Siswa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2358–2362. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/589

Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

Syifa, N., Rachman, A., & Asniwati, A. (2023). Kerjasama Orang tua dengan Sekolah dan Pola Asuh Orang tua Berpengaruh terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 384–397. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3745

Wiguna, A. A., & Tridiyawati, F. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak. Malahayati Nursing Journal, 4(9), 2410–2422. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i9.6863

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Saputri, Z., & Laeli, S. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah. Karimah Tauhid, 3(8), 8474–8481. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14333
Abstract viewed = 6 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>