Analisis Kesiapan Sosial Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Melangkah ke Jenjang Pendidikan Selanjutnya

Authors

  • Yasinta Rahma Universitas Djuanda
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14215

Keywords:

Kesiapan, Peserta didik, Sosial Emosional

Abstract

Perkembangan bersifat kualitatif serta memiliki hubungan dengan kematangan individu.  Perkembangan manusia adalah proses yang kompleks dan meliputi empat bentuk, salah satu diantaranya yakni perkembangan sosial dan emosi, Tujuan dari penelitian yaitu untuk menganalisis kesiapan sosial emosional peserta didik sekolah dasar dalam melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya. Metode yang digunakan yakni metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara terstruktur. Jumlah subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 3 orang. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis tematik. Hasil menunjukkan bahwa terdapat setidaknya 6 indikator yang dapat membangun kesiapan sosial emosional peserta didik. Setiap responden siap untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat sekolah menengah pertama. Emosi dan motivasi memainkan peran penting dalam membentuk kesiapan mereka untuk menghadapi tantangan pendidikan.

References

Al-Faruq, M. S., & Sukatin, S. (2021). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Audihani, A. L., Hidayah, F. F., & Ristanti, D. A. (2019). ANALISIS KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA MATERI HIDROKARBON. Seminar Nasional Edusainstek, 149.

Hurlock, E. B. (1990). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 221-228.

Khoiruddin, M. A. (2018). PERKEMBANGAN ANAK DITINJAU DARI KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL. 29(2), 425-238.

Musringati. (2017). Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Kelompok B melalui Metode Bercerita di TK Al Ikhlas. STKIP Siliwangi Bandung.

Rachmawati, I. N. (2007). PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35-40.

Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Curtural Studies, 7(2), 90-109.

Semaraputri, S. A., & Rustika, I. M. (2018). Peran Problem Focused Coping dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Remaja Akhir yang menjadi Pengurus Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1).

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Rahma, Y., & Laeli, S. (2024). Analisis Kesiapan Sosial Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Melangkah ke Jenjang Pendidikan Selanjutnya. Karimah Tauhid, 3(7), 7862–7868. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14215

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>