Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat Perintah dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Cimande 04
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14562Keywords:
Kesalahan Penulisan, Kalimat PerintahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan pemakaian struktur kalimat perintah dan kesalahan penulisan tanda baca pada kalimat perintah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cimande 04, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis isi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan test kepada para siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa : 1) kesalahan struktur kalimat perintah yang dilakukan oleh siswa sebesar 32%, dan 2) kesalahan dalam penggunaan tanda baca yang dilakukan oleh siswa sebesar 44%. Kesalahan yang dilakukan siswa dapat disebabkan oleh faktor belajar yang berupa faktor internal (kecerdasan) maupun faktor eksternal (lingkungan).
References
Arikunto, Suharsimi. (2022). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Azizah, Ismi Nur. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 24 Tahun ke-5. Hal 313-321.
Bungin, Burhan. (2019). Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodologi ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.
Fauziah, Fifi Ainun dkk. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No. 1 Maret 2002, pp 996-1007, E-ISSN 2579-9258
Inggriyani, Feby., Nur Anisa Pebrianti. (2021). Analisis Kesulitan Keterampulan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal PGSD STKIP Subang, Vol. 7 No.1, Juni, hal 1-22, E-ISSN : 2614-722X.
Nurhayati, Neng Siti, Ani Nur Aeni dan Aah Ahmad Syahid. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan dengan Metode Picture & Picture pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, Vol 6 No. 6 Tahun 2022, Hal. 10004-10015, E-ISSN : 2580-1147
Fauziah, Fifi Ainun dkk. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No. 1 Maret 2002, pp 996-1007, E-ISSN 2579-9258
Inggriyani, Feby., Nur Anisa Pebrianti. (2021). Analisis Kesulitan Keterampulan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal PGSD STKIP Subang, Vol. 7 No.1, Juni, hal 1-22, E-ISSN : 2614-722X.
Juanda, Sobarna C & Darheni. N. (2017). Pembinaan Bahasa Indonesia. Sleman : PT. Kanisius.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Neng Siti Farhatul Azizah; Mega Febriani Sya; Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.