Menumbuhkan Kreativitas Anak melalui Aktivitas Belajar yang Menyenangkan
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14231Keywords:
Pembelajaran, Kreativitas, Metode PembelajaranAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah pengembangan kreativitas anak hendaknya didorong melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Namun kreativitas siswa belum menjadi yang terdepan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan belajar yang menyenangkan terhadap pertumbuhan dan perkembangan kreativitas anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yang mana wawancara dilakukan kepada 4 orang guru SD Negeri Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang mendorong kreativitas meliputi permainan edukatif, pembelajaran berbasis masalah, menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan, serta memulai belajar dari minat dan pengalaman anak. Ada juga metode pembelajaran efektif yang menggabungkan permainan, eksperimen, seni, dan diskusi kelompok. Kegiatan pemecahan masalah, teka-teki dan kegiatan kreatif lainnya dapat meningkatkan keluwesan berpikir anak. Menjamin kebebasan berekspresi juga penting untuk meningkatkan kreativitas anak.
References
Afnita, J. A. U. (2021). Kunci-Kunci Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 75–95. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.7084
Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118
Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340
Imamah. (2020). Penggunaan Loose Parts dalam pembelajaran dengan Muatan STEAM. Pendidikan Non Formal, 21(2), 19–20.
Italiana, F., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 813–816. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.486
Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). The FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Setiawan, D., Hardiyani, I. K., Aulia, A., & Hidayat, A. (2022). Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507–4518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2521
Tauhid, K., Bayhaqi, P., Ansor, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Bogor, U. D., Djuanda, U., Djuanda, U., & Djuanda, U. (2024). SISWA. 3, 4209–4217.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pelita Bayhaqi Alansor, Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.