Penerapan Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif di Kelas Bahasa
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14189Keywords:
Penerapan CLT, Pengajaran Bahasa Komunikatif, Kurikulum, Tata Bahasa, Kompetensi SiswaAbstract
Pengajaran bahasa komunikatif adalah membantu siswa berkomunikasi dalam bahasa sasaran. Hal ini dimaksudkan untuk menggantikan terjemahan audio-lingual atau tata bahasa, yang tentu saja tidak efektif dalam membantu siswa berkomunikasi dalam bahasa target. Secara global, metode komunikatif telah menjadi pusat perhatian dalam pengajaran bahasa Inggris. Bahasa sekarang dianggap memiliki penerapan dalam keadaan sosial dan bukan sebagai prinsip tata bahasa yang abstrak.Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif (CLT), serta pendekatan dan taktik pengajaran dan pembelajaran terkait, dibahas dalam makalah tinjauan literatur ini. Tujuan penggunaan Pengajaran Bahasa Komunikatif (CLT) adalah untuk memenuhi kebutuhan kompetensi komunikatif siswa. Program CLT Jurusan Bahasa Inggris yang berfokus pada bisnis pariwisata dan perhotelan ditentukan oleh kurikulum, kebutuhan mahasiswa, dan sumber daya yang tersedia. Artikel ini digunakan untuk menyampaikan ringkasan berguna yang digunakan oleh instruktur bahasa untuk menemukan dan menerapkan strategi pengajaran dan pembelajaran yang efektif bagi siswanya. Peneliti melihat beberapa sumber terkini dan sejarah tentang keuntungan metode CLT di ruang kelas saat ini.
References
Abdisalimovich, K. J. (2023). Communicative Language Teaching And The System Of Exercises. Journal of Pharmaceutical Negative Results ¦, 14(2), 2023. https://doi.org/10.47750/pnr.2023.14.S02.122
Alamri, W. A. (2018). Communicative Language Teaching: Possible Alternative Approaches to CLT and Teaching Contexts. English Language Teaching, 11(10), 132. https://doi.org/10.5539/elt.v11n10p132
Dervić, M., & Bećirović, S. (2020). Prerogative of the Lexical Approach in Communicative Language Teaching. European Journal of Education Studies, 7(3), 392–404. https://doi.org/10.5281/zenodo.3748039
Djavairovna, A. F. (2022). Communicative Language Teaching Approach. 2(1), 819–823.
Eisenring, M. A. A., & Margana, M. (2019). the Importance of Teacher – Students Interaction in Communicative Language Teaching (CLT). PRASASTI: Journal of Linguistics, 4(1), 46. https://doi.org/10.20961/prasasti.v4i1.17052
G.M.Hoshimov. (2022). Four Skills in Communicative Language Teaching Revisited and Revised. 10(12), 1582–1587.
Gustiani, S., Sari, E. A., Yusri, & Simanjuntak, T. (2020). The Effectiveness of Blended Learning Approach on Essay Writing Subject. 431(First 2019), 216–223. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200407.037
Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684
Maulana, S., Sya, M. F., Mawardini, A., & Ynianika, I. T. (2019). YouTube Sebagai Media Pengembangan Kemahiran Bahasa Inggris: Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2/6150.2023
Milah, A. R., Fauziah, R. R., & Nurhikmah, R. (2024). Analisis Minat Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(3), 3693–3700. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12658
Ng, C. H. (2020). Communicative Language Teaching (CLT) through Synchronous Online Teaching in English Language Preservice Teacher Education. International Journal of TESOL Studies, July 2020. https://doi.org/10.46451/ijts.2020.09.06
Nggawu, L. O., & Thao, N. T. P. (2023). The impact of Communicative Language Teaching (CLT) Approach on Students’ Speaking Ability in a Public Indonesian University: Comparison between Introverts and Extrovert Groups. International Journal of Language Education, 7(3), 393–413. https://doi.org/10.26858/ijole.v7i3.50617
Nuresa, S. A., Febriani Sya, M., & Muhdiyati, I. (2023). Circ Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Alphabet Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 40–49. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6404
Prakashkumar, S., Beschi, I. S., Fattah, A., & Bte Saidalvi, A. (2019). The implementation of communicative language teaching by Iraqi English language teachers. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 8(5), 1140–1147. https://doi.org/10.35940/ijeat.E1159.0585C19
Qoriah, D., & Farisya, G. (2022). Communicative Language Teaching (Clt) Method Combined with Total Physical Response (Tpr) Method on Upgrading Communication Skill on English Laboratory. Journal Civics and Social Studies, 6(2), 120–129. https://doi.org/10.31980/civicos.v6i2.2319
Rustipa, K. (2011). Communicative Language Teaching: How Is It Realized in the Classroom? Ilmu Budaya, 5(1), 26–33. http://www.professorjackrichards.com/pdfs/communicative-lang,
Sasstos, L. M. Dos. (2020). The discussion of communicative language teaching approach hi language classrooms. Journal of Education and E-Learning Research, 7(2), 104–109. https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.72.104.109
Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Thi, L., & Hien, N. (2021). Communicative Language Teaching in Teaching ESL for University Students. Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 3(6), 49–57. https://doi.org/10.32996/jeltal
Ulfah, R., Apriliaswati, R., & Arifin, Z. (2015). The Implementation of Communicative Language Teaching Approach in Teaching Speaking. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4, 1–17.
Winch, J. (2019). Does communicative language teaching help develop students’ competence in thinking critically? Journal of Language and Education, 5(2), 112–122. https://doi.org/10.17323/jle.2019.8486
Xasanova, M., & Ubaydullayev, S. (2022). Communicative Language Teaching and Learning. SYNERGY: JOURNL OF ETHICS AND GOVERNANCE, 02(01), 125–128.
Zhao, Y. (2022). An Analysis of Communicative Language Teaching Approach Based on the International Researches. Proceedings of the 2022 3rd International Conference on Language, Art and Cultural Exchange(ICLACE 2022), 673(Iclace), 40–43. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220706.010
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dita Amelia , Mega Febriani Sya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.