Penggunaan Metode Sugestopedia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Putri Khoirunnisa Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14199

Keywords:

Metode, Metode Sugestopedia, Metode Pembelajaran

Abstract

Penting bagi seorang pengajar untuk mengajar dengan metode yang dapat memotivasi peserta didik dalam pembelajarannya. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Sugestopedia, yaitu metode pengajaran yang menggunakan sugesti untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada metode ini membuat belajar jadi lebih rileks, menyenangkan, dan menggunakan musik, drama dan juga permainan. Pada penelitian ini ingin metode sugestopedia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menambah pengetahuan tentang Metode sugestopedia dan Bagaimana proses kegiatan pada metode ini. penelitian yang diterapkan mencakup observasi selama sesi presentasi di kelas dan tinjauan literatur. Tinjauan literatur ini mencakup pengumpulan sumber data serta pembacaan materi yang berkaitan dengan topik yang akan dibahas.

References

Bali, M. M. E. I., & Aisyah, S. (2023). Implementasi Sugestopedia Dalam Pembelajaran Quantum Learning. Ibadatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 184–195.

Fatima, W. Q., Khairunisa, L., Priatna, D. C., & Prihatminingtyas, B. (2019). Pembelajaran bahasa inggris melalui media game pada panti asuhan al maun di desa ngajum. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 1725–1739. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/235

Garryn C. Ranuntu, G. J. T. (2018). Peran lagu dalam pengajaran bahasa inggris tingkat dasar. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4(1), 99–110.

Hamid, A. (2010). Berbagai Metode Mengajar bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 9(2), 2.

Hasmi, L. (2018). Pengaruh Metode Sugestopodia Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Bukittinggi. Inovasi Pendidikan, 5(1), 74–84.

Kurniawan, U. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Suggestopedia Dan Kreatifitas Guru Terhadap Prestasi Siswa Madrasah Aliyah Di Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper, 1991, 602–605.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. 4(August), 30–59.

Muhammad, P., & Sumiarni, N. (2019). Arab untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa. El-Ibtikar, 8, 167–186.

Nurani, A. F., Sya, M. F., & Yektyastuti, R. (n.d.). Efektifitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa.

Prasetya, D., & Safitri, K. (2020). Metode Suggestopedia Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8145

Pujasari, Y., & Rahayu, W. W. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Melalui Metode “Suggestopedia” Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Inggris. Pedagogia, 16(1), 80. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10900

Ramadhan, D. (2023). Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Suggestopedia Di Kelas 10 Ma Assa’Adah Jamanis. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8229

RSG, H. D. (2023). Pembelajaran kosa kata bahasa inggris untuk anak didik usia 4-5 tahun. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 18–22. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/918

Satrio, J. D., Supriono, S., & R, Maryovo, F. (2022). KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA KELAS X SMA TAMAN Juliadi Dwi Satrio1 , Supriyono2 , Frieska Maryova R . 3 Frieska_maryova@stkippgribl.ac.id. 1–9.

Srirahayu, P., Pratiwi, A. S., & Sunanih, S. (2020). Pengaruh Metode Sugestopedia Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Pada Siswa Kelas 4 Sdn Ciwalet, Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 159. https://doi.org/10.30659/j.8.2.159-169

Sulaiman, Y. S. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kupang Nusa Tenggara Timur : Sebuah Kajian Dalam Perspektif Etnografi. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 61–65. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/435

Suprapto, Kurniawan, R., & Sihaloho, H. (2020). Metode Sugestopedia sebagai Alternatif Pembelajaran Retorika di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia., 167–172.

Sya, M. F. (2015). REVIEW THE IMPROVEMENT OF NARRATIVE ESSAY WRITING ABILITY THROUGH PEER REVIEW MATERI DAN METODE Metode Penelitian. 2(2), 96–107.

Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis pendidikan Karakter Tauhid. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.

Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibn Khaldun International Journal of Economic, Community Empowerment and Sustainability, 1(1), 29–36.

Wibowo, S. B. (2022). JOTE Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 160-169 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education METODE SUGGESTOPEDIA : ALTERNATIF METODE. Journal on Teacher Education, 3, 234–249. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3563

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Khoirunnisa, P., & Sya, M. F. . (2024). Penggunaan Metode Sugestopedia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(8), 8743–8749. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14199

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>