Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dengan Menggunakan the Direct Method

Authors

  • Siti Selvia Nurahma Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14190

Keywords:

Meningkatkan, Kemampuan, Berbicara, Bahasa Inggris, Siswa

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa utama di banyak negara di dunia, sehingga menjadi bahasa universal. Bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam hampir semua aspek kehidupan seperti pendidikan, pekerjaan, bisnis, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dengan membaca beberapa artikel yang sudah dipublikasikan dan observasi di kelas PGSD A saat presentasi. Faktor-faktor kesulitan dalam kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa antara lain guru aktif menjelaskan, namun siswa hanya mendengarkan materi yang diajarkan. Dalam hal ini, guru perlu berperan aktif untuk mengajak dan menarik perhatian siswa dengan menggunakan strategi agar mereka terampil dan mampu mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran mereka. Keberhasilan suatu pelajaran juga ditentukan oleh keaktifan siswa. Metode yang efektif dalam mengatasi masalah ini adalah metode langsung (direct method) karena melibatkan penggunaan bahasa asing secara langsung tanpa terjemahan ke bahasa ibu siswa, didukung dengan penggunaan berbagai teknik seperti gambar, gerakan, objek, tanya jawab, dan latihan.

References

Ahmad, S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Bberbicara Bahasa Inggris DI MAS MULIA SEI BALAI. JIP), 1(6).

alek. (n.d.). Persefektif Baru Pengajaran Bahasa Inggris melalui Direct Method.

Aziz, A. M. (n.d.). Penggunaan Metode Langsung Dalam Pembelajaran Muhadatsah (Vol. 2, Issue 1). http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen

Baihaqi El-Haq, L. J. W. (2015). Implementasi Direct Method Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Bagi Peserta Didik Kelas Vii Mts Ppmi Assalaam.

Dimara, J. (2022). Pentingnya Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari di Kelurahan Kaliboro Kabupaten Nabire-Papua.

Harlina, H., & Nur Yusuf, F. (n.d.). Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan Challenges of Learning English in Rural School. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20, 325–334.

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).

Hulu, F. (2018). Efektifitas Direct Method dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa. In Jurnal Basis (Vol. 5).

Kartiningrum, D. E. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur.

Khaerati. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia. Cross-Border, 4, 358–367.

Kuta, S. N., & Ardianingsih, F. (2015). Metode Langsung (Direct Method) Terhadap Pembelajaran Makna Kata pada Anak Autis.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah. Jurnal Warta Edisi.

Munisah, E. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Program Teras Belajar.

Nur, W., Adawiyah, A., Mangkuwibawa, H., & Mahmud, M. R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa MEenggunakan Model Pembelajaran Running Dictation. Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 8(2).

Pakuna, F., & Sultan Amai Gorontalo, I. (n.d.). :Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Humaniora Pengaruh Metode Langsung (Direct Method) Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madarasah Aliyah Al-Falah Limboto Barat. http://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AL-KILMAH

Sari, D. S., Astuti, D. S., & Ramadhiyanti, Y. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Bahasa Inggris Peserta Kejar Paket C di Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 468–477. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4914

Sari, L., & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0.

Shafira, A., Anggoro, D., & Santoso, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Guided Conversation (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/xx.xxxxx/xx.xxxx.xxxx

Sitorus, J. P., Siagian, A. B., Sitohang, T., Bangun, K., & Situmorang, L. N. (2013). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara dan Faktor Penyababnya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas X Yapim Taruna Sei Rotan Tahun 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5.

Sri Lena, M., Sartono, S., Emilia, T., & Khairanis, S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(3). https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3.175

sya, febriani, mega, Yektyastuti, R., & Nurani, A. F. (n.d.). Efektifitas Penggunaan Picture Series dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Iinggris Siswa.

Sya, F. M. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review The Improment of NARRATIVE Essay Wrting Ability Through PEER.

Sya, M. F., Maufur, M., & Kartakusumah, B. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Nurahma, S. S., & Sya, M. F. . (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dengan Menggunakan the Direct Method. Karimah Tauhid, 3(8), 8873–8881. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14190

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>