ANALISIS PENGGUNAAN AI CHATBOT SEBAGAI LEARNING TOOLS PADA SISWA KELAS X MAN 1 KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Nabilah Sri Rejeki Universitas Djuanda
  • Ridwan Haris Universitas Djuanda
  • Abdul Kholik Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14143

Keywords:

AI Chatbot, Alat Pembelajaran, Peserta didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan AI Chatbot sebagai sebagai Learning Tools dalam pembelajaran di MAN 1 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode Analisis statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 315 siswa. Dengan menggunakan rumus Slovin, maka diperoleh sampel penelitian berjumlah 176 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dirancang melalui skala likert dengan skor nilai dari 1-5. Hasil perhitungan analisis deskriptif Persentase pada penelitian ini menggunakan bantuan spss versi 25 yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata Tingkat Penggunaan AI Chatbot Sebagai Learning Tools Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kabupaten Tangerang adalah 61%, yang artinya siswa dapat memanfaatkan teknologi dalam Pendidikan khususnya AI Chatbot dengan cukup baik. Maka diharapkan dengan adanya AI Chatbot sebagai learning tools dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimasa depan.

References

Ahyar, A., & Fitriati, I. (2024). Implementation of Artificial Intelligence Technology as a Learning Means for Students at SMAN 2 Monta Bima. Expertnet: Exploration Journal of Technological Education Trends, 1(1), 14-23.

Akbar, J. et al. (2023). Artificial Intelligence Teman atau Musuh sih? - Google Books. CV Brimedia Global.

Alfandi, F., Adri, H. T., & Kholik, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sdn Sukagalih 03.

Djaali. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif - Djaali - Google Buku. Bumi Aksara.

Fauzi, G. R., Maryani, N., Kholik, A., Haris, R., & Priyanto, A. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 81-93.

Hardian, T. , & R. E. (2023). Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan - Tantan Hadian, S.Pd, M.Pkim. , Dr. Eneng Rahmi, S.Si, MSi. - Google Buku. Edu Publisher.

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran

Kharis, S. A. A., Haqqi Anna Zili, A., & Artikel, R. (2024). CHATGPT SEBAGAI ALAT PENDUKUNG PEMBELAJARAN: TANTANGAN DAN PELUANG PEMBELAJARAN ABAD 21. 15(2), 206–214. https://doi.org/10.31764

Kholik, A. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Era Industri 4.0. Tantangan Dan Peluang Pengelolaan Lembaga Pendidikan Di Era Industri 4.0, 53.

Kusum, J. W. , et al. (2023). DIMENSI MEDIA PEMBELAJARAN (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era ... - Jaka Wijaya Kusum, Supardi, Muh. Rijalul Akbar, Hamidah, Ratnah, Muh. Fitrah, Sepriano - Google Buku. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Maulana, M. S., Widianto, S. R., Safitri, S. D. A., & Maulana, R. (2023). Pelatihan Chat Gpt Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Di Kelas. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), 16-19.

Nurfaidah, W., Aprilda, R., Kholik, A., & Mahnun, N. Analisis Monitoring Dan Evaluasi Kinerja Dosen Berdasarkan Penilaian Mahasiswa. Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan, 5(1).

Nurfidari, Ahyar, A., & Ita Fitriati. (2024). Implementation of Artificial Intelligence Technology as a Learning Means for Students at SMAN 2 Monta Bima. Expert Net: Exploration Journal of Technological Education Trends, 1(1), 14–23.

Panday-Shukla, P. (2023). Five Things to Know about Generative Artificial Intelligence.

Priadana, M. S. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Kota Tangerang: Pascal Books.

Ramadhan, A. R. (2023). Strategi penggunaan chatbot artificial intelligence dalam pembelajaran Bahasa Arab pada perguruan tinggi di Indonesia.

Siregar, S. (2023). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166.

Usman, H., & S, P. (2020). Pengantar Statistika: Cara Mudah Memahami Statistika. 3.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Sri Rejeki, N., Haris, R., & Kholik, A. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN AI CHATBOT SEBAGAI LEARNING TOOLS PADA SISWA KELAS X MAN 1 KABUPATEN TANGERANG. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 313–321. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14143

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>