PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH: STUDI LITERATUR

Authors

  • Alfiyah Abdullah Universitas Djuanda
  • Afridha Sesrita Universitas Djuanda
  • Abdul Kholik Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14798

Keywords:

Permainan Tradisional, Sondah, Karakter, Pembentukan Karakter

Abstract

Riset ini bertujuan guna mendeskripsikan mengenai permainan tradisional sondah dapat membentuk karakter anak usia sekolah dasar. Fokus penelitian ini mendeskripsikan mengenai nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan tradisional sondah dapat membentuk karakter anak. Riset ini memakai jenis riset kualitatif dengan metode studi kepustakaan atau dikenal sebagai literature review. Analisis data memakai metode analisis deskriptif dengan memaparkan fakta-fakta, kemudian dianalisis serta dideskripsikan serta memberikan penjelasan yang cukup. Teknik pengumpulan data menggunakan Google Scholar sebagai sumber informasi utama karena terdapat banyak informasi berupa jurnal atau artikel yang terkait penelitian ini. Hasil riset membuktikan jika permainan tradisional sondah mengandung nilai-nilai karakter sesuai dengan norma yang ada di masyarakat seperti nilai kejujuran, kegigihan, tanggung jawab, kegigihan, komitmen dan sportivitas.

References

Adi, B. S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33-39.

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital.

Amirudin, A., & Mukarom, Z. (2018). Pendidikan karakter dalam kaulinan budak baheula: Studi nilai pendidikan karakter melalui permainan anak tradisional sorodot gaplok dari Jawa Barat. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(1), 73-88.

Aypay, A. (2016). Investigating The Role of Traditional Children’s Games in Teaching Ten Universal Values in Turkey. Eurasian Journal of Educational Research, 16(62), 283–300.

Cahyani, A. D., Lestari, P., & Martiana, A. (2019). Penguatan pendidikan karakter kerja keras pada anak melalui permainan tradisional engklek di dusun pule, tegalrandu, srumbung, magelang. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 3(1), 47-60.

Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to literatire review method. SAGE publications.

Fauziah, R., Khalsum, U., & Pratiwi, V. A. (2022, November). Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 7, No. 1, pp. 871-879).

Familia, D. P. (2021). Upaya Pimpinan FAI Dalam Pembentukan Karakter Religius dan Toleransi Pada Mahasiswa FAI UMJ (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta).

Fitri, R. (2022). Membangun pemahaman karakter kejujuran melalui permainan tradisional anak usia dini kelompok B di Taman Kanak-Kanak Sawitto Kabupaten Pinrang. Jurnal Pendidikan, 6(1), 1255-1264.

Hidayat, R., & Rudiansyah, E. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS GERAK LOMPAT JANGKIT. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 6(2), 21-26.

Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berdasarkan persepsi dosen dan mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738-748.

Nadjamuddin, A. (2016). Membangun Karakter Anak Lewat Permainan Tradisional Daerah Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 74-79.

Naafi’, M., & Irawan, R. J. (2022). Studi literatur: Efektivitas modifikasi dalam permainan tradisional pada eksistensi permainan anak era generasi z. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(01), 129–136.

Prayitno, H. J., Rahmawati, F. N., & Pradana, F. G. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1-9.

Prasetya, Y., & SARMINI, S. (2023). Permainan Tradisional sebagai Sumber Nilai Karakter Bagi Anak di Kelurahan Simokerto Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 272-288.

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan model bermain konstruktif dengan media balok untuk meningkatkan visual-spasial anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 45-55.

Saputra, S. Y. (2017). Permainan tradisional vs permainan modern dalam penanaman nilai karakter di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Sesrita, A., Maksum, A., & Marini, A. Persepsi Siswa terhadap Literasi Budaya melalui Permainan Tradisional Petak Umpet Flashcard. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3).

Sesrita, A., & Yarmi, G. (2023). Dampak Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1502-1512.

Sulasih, D. (2023). Strategi Sekolah Meningkatkan Kesadaran Beragama Siswa SD Melalui Program Unggulan di Lingkungan Sekolah (Studi Kasus Kelas 2 SD Islam Hasanudin 04 Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Syamsurrijal, A. (2020). Bermain sambil belajar: permainan tradisional sebagai media penanaman nilai pendidikan karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1-14.

Triansyah, A. (2023). Pengetahuan Peserta Didik Di Kota Pontianak Terhadap Permainan Rakyat Dan Olahraga Tradisional. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 43-50.

Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis pembentukan karakter siswa di sdn tangerang 15. Fondatia, 4(1), 158-179.

Vardani, E. N. A., & Astutik, I. (2020). Pemanfaatan Permainan Tradisional Sebagai Media Edukatif Di Sdn Karangrejo 02 Jember. Empowering: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 1-16.

Verawati, L., Formen, A., & Utanto, Y. (2020). Permainan Tradisional Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 180-185).

Wahyu, A., & Rukiyati, R. (2022). Studi literatur: Permainan tradisional sebagai media alternatif stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU==> https://journal. uny. ac. id/v3/jpa/home), 11(2), 109-120.

Yusup, R., Agustini, U., & Abidin, Z. (2023). Analisis Beberapa Permainan Tradisional Sunda dan Implementasinya dalam Pembelajaran Anak SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 67-78.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Abdullah, A., Sesrita, A., & Kholik, A. (2024). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH: STUDI LITERATUR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 450–457. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14798

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>