ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU MADRASAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji peran kepemimpinan kepala madrasah dalam mengambil keputusan terkait peningkatan mutu madrasah serta kaitan dengan peran kepala madrasah sesuai dengan istilah EMASLIM, kepemimpinan kepala madrasah dalam memberi arahan kepada tenaga pendidik dan kependidikan, faktor pendukung dan penghambat peningkatan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian kepala Madrasah Darul Ahkam memiliki peran sentral dalam meningkatkan mutu madrasah. Kepemimpinan tersebut termanifestasi melalui keterlibatan aktif dalam perencanaan strategis, pengambilan keputusan melalui musyawarah, transparansi keputusan, dan kerjasama dengan pihak lain. Sejalan dengan salah satu konsep EMASLIM, peran kepala madrasah yaiu sebagai edukator dan leader; Peran kepemimpinan kepala madarasah dalam memberikan arahan kepada tenaga pendidik dan kependidikan diantaranya gaya kepemimpinan kepala madrasah yaitu kharismatik dan keteladanan, memberi kesempatan memgkuti kegiatan pengemabangan, pengawasan setiap hari dan melalui supervsi, pengakuan dan penghargaan dengan memberikan reward. Faktor pendukung peningkatan mutu di madrasah Darul Ahkam yaitu sarana dan prasarana yang memadai dan menunjang kegiatan pendidikan. Serta SDM yang berkompeten dan linear dalam bidang ajarnya
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Angkotasan, S., & Watianan, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Kampus Stia Alazka Ambon. Komunitas: Jurnal Ilmu Sosiologi Vol. 4 No. 2 Oktober , 42 - 50.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam, Antara Teori dan Praktik. Ar-ruz Media.
Fandy, T., & Anastasia, D. (n.d.). Total Quality Managemen.
Hanum, N. A., Fithriyah, A., Maisyaroh, & Sumarsono, R. B. (2019). Pandangan Konsep Kepemimpinan Karismatik. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Revolusi Industri 4.0 (hal. 163-170). Malang: Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Hikmat, M. T. (2015). Kajian pengambilan keputusan operasi dalam industri pengolahan besi baja di Indonesia. Banking and Management Review, Vol. 4 No.2 hal. 548.
Khoirussalim, U. S. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. CV Nata Karya.
Miftahulrohimah, U. U. (2021). Praktik Exemplary Leadership Kepala Sekolah (Studi Kasus di SMP Darma Bangsa Bandarlampung). Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung Bandarlampung.
Mulyasa. (2011). Menjadi kepala sekolah profesional : Dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustapid. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs. Swasta Miftahul Falah Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Januari.
Muwahid, S. (2013). Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Teras.
Rahim, A. R. (2017). Manajemen Kepemimpinan Islam . Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar .
Ramdhani, M. A., & Kadarsah, S. (2014). Sistem Pendukung keputusan. Bandung: PT. Remaja.
Rizqi, A. M., & Abubakar, U. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Mathla’ul Huda. Vol 10 No 2 (2022). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i2.2260
Samsudi, & Sadili. (2006). Manajemen Sumber Daya. Pustaka Setia.
Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al-Mishbah Jilid 01. Lentera Hati.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (7th ed). ALfabeta. https://issuu.com/pustakakampus/docs/_sugiyono_metode_penelitian_kuantitatif_kualitat
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Alfabeta.
Suyanto, & Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Esensi Erlangga Grup.
Syafaruddin. (2019). Guru Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Cv Budi Utama.
Syukur, I. (2015). Kriteria Pemimpin Teladan Dalam Islam. Lampung: LP2M IAIN Raden Intan Lampung.
Tihalimah, & Hafidaton. (2021). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Peningkatan Mutu Peserta Didik Di Sd Negeri Alurmas Kluet Utara Aceh Selatan. Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry Vol. 10 No.1, 90 - 107.
Yulianto, W. (2018, Juni 1). Artikel Proses Pengambilan Keputusan. Diambil kembali dari Balai Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur: https://kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi/artikel/4424-proses-pengambilan-keputusan