ANALISIS KEDISPLINAN PESERTA DIDIK PASCA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BOGOR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai kedisplinan peserta didik dan menjawab rumusan masalah dalam melaksanakan kedisplinan di sekolah pasca pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Bogor. Teori yang digunakan adalah teori mengenai disiplin dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan Stuy kasus. Adapun perolehan data primer dan sekunder diperoleh dari informan menggunakan teknik Observasi, wawancara untuk menemukan data yang valid, data yang di peroleh berupa transkip dokumentasi observasi, wawancara kemudian di uji validitas data menggunakan tringulasi metode dan teori. (1) peserta didik telah disiplin melihat rendahnya persentase pelanggaran yang dilakukan (2) terdapat beberapa pelanggaran yang banyak dilakukan peserta didik diantaranya adalah terlambat, membolos, tidak memakai atribut dan seragam sekolah dengan baik (4) tidak melakukan pembiasaan shalat duha dan zuhur pada saat di sekolah dengan berjamaah di mesjid (5) melakukan keributan pada saat pembelajaran contohnya : mengobrol, bercanda di kelas, tidak duduk di bangku, tidak memperhatikan guru di depan. Sesuai dengan beberapa Teori yang peneliti ambil yang menerapkan kedisiplinan dimulai dari pembiasaan, nasihat, dan pemberian sanksi, serta tidak menggunakan hukuman fisik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Anshori, M. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Perspektif Al-qur’an. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 52–63.
Aulia, H. (2017). Perilaku Sosial dan Gaya Hidup Remaja. Skripsi, 4.
Khoirini, U. (2016). Hidayati dkk yang menyatakan bahwa bidang studi dari IPS adalah gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang terintegrasi secara terpadu.
Khotijah, S., Rahayu, D. W., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Analisis Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2834–2846. http://dx.doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1003
Kurniawan, A., & Agustang, A. (2021). FAKTOR PENGHAMBAT TINGKAT KEDISIPLINAN Abstrak. Journal Of Sociology Education Review, 1(3), 120–126.
Lestari, F. N., & Miftakhul’Ulum, W. (2020). Analisis Bentuk Kedisiplinan Peserta didik Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Dengan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas IV SDN I Gondosuli Gondang. Jurnal Pendidikan Dasar
Nusantara, 5(2), 318–329. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13554
Rusko, M., & Korauš, A. (n.d.). BAB I, II, dan III (Autosaved) (Issue 6, pp. 1–10).
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, D, 12–26.
S.N. Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. In At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume (Vol. 1, Issue 2).
Shandi, I. F. A. (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Pergaulan Bebas Dimasa Peminangan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 92.
Peserta didik, B. (2022). e-ISSN (2962-7494) Desember 2022. 1(2), 58–72.
STEI INDONESIA. (2017). Bab iii metoda penelitian 3.1. Bab III Metoda Penelitian, Bab iii me, 1–9.
Tangkearung, S. S., Chintya, J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Toraja, I. (n.d.). Dampak pembelajaran daring terhadap kedisiplinan belajar. 2020, 59–65.
Uspitasari, I., Hernawati, H., & Hidayat, M. S. (2022). Problematika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.49
Vivi Novianti, H. (2020). Hubungan Kedisplinan dan pemahaman Ayat-Ayat Al Qur’an dengan Akhlak Peserta didik (Studi di MAN 2 Kota Serang). Jurnal Qathruna, 7(0.1101/2021.02.25.432866), 1–15.
Yasir, M. I., & Indra, S. (2021). Pembentukan Karakter Peserta didik Selama Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh di Kelurahan Pamoyanan. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 105. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3615
Yulianingrum, T., Mardiana, T., & Sukmarani, D. (2022). Analisis Karakter Disiplin Peserta didik Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun. 2022(2022), 42–55.