ANALISIS KEDISPLINAN PESERTA DIDIK PASCA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BOGOR

Main Article Content

Farhanida Farhanida
Zahra Khusnul Lathifah
Iyon Muhdiyati
Hanrezi Dhania Hasnin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai kedisplinan peserta didik dan menjawab rumusan masalah dalam melaksanakan kedisplinan di sekolah pasca pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Bogor. Teori yang digunakan adalah teori mengenai disiplin dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Bogor.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan Stuy kasus. Adapun perolehan data primer dan sekunder diperoleh dari informan menggunakan teknik Observasi, wawancara untuk menemukan data yang valid, data yang di peroleh berupa transkip dokumentasi observasi, wawancara kemudian di uji validitas data menggunakan tringulasi metode dan teori. (1) peserta didik telah disiplin melihat rendahnya persentase pelanggaran yang dilakukan (2)  terdapat beberapa pelanggaran yang banyak dilakukan peserta didik diantaranya adalah terlambat, membolos, tidak memakai atribut dan seragam sekolah dengan baik (4) tidak melakukan pembiasaan shalat duha dan zuhur pada saat di sekolah dengan berjamaah di mesjid (5) melakukan keributan pada saat pembelajaran contohnya : mengobrol, bercanda di kelas, tidak duduk di bangku, tidak memperhatikan guru di depan. Sesuai dengan beberapa Teori yang peneliti ambil yang menerapkan kedisiplinan dimulai dari pembiasaan, nasihat, dan pemberian sanksi, serta tidak menggunakan hukuman fisik.

Article Details

How to Cite
Farhanida, F., Lathifah, Z. K., Muhdiyati, I. ., & Dhania Hasnin, H. (2023). ANALISIS KEDISPLINAN PESERTA DIDIK PASCA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(3). https://doi.org/10.30997/alkaff.v1i5.10738
Section
Articles

References

Anshori, M. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Perspektif Al-qur’an. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 52–63.

Aulia, H. (2017). Perilaku Sosial dan Gaya Hidup Remaja. Skripsi, 4.

Khoirini, U. (2016). Hidayati dkk yang menyatakan bahwa bidang studi dari IPS adalah gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang terintegrasi secara terpadu.

Khotijah, S., Rahayu, D. W., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Analisis Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2834–2846. http://dx.doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1003

Kurniawan, A., & Agustang, A. (2021). FAKTOR PENGHAMBAT TINGKAT KEDISIPLINAN Abstrak. Journal Of Sociology Education Review, 1(3), 120–126.

Lestari, F. N., & Miftakhul’Ulum, W. (2020). Analisis Bentuk Kedisiplinan Peserta didik Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Dengan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas IV SDN I Gondosuli Gondang. Jurnal Pendidikan Dasar

Nusantara, 5(2), 318–329. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13554

Rusko, M., & Korauš, A. (n.d.). BAB I, II, dan III (Autosaved) (Issue 6, pp. 1–10).

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, D, 12–26.

S.N. Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. In At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume (Vol. 1, Issue 2).

Shandi, I. F. A. (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Pergaulan Bebas Dimasa Peminangan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 92.

Peserta didik, B. (2022). e-ISSN (2962-7494) Desember 2022. 1(2), 58–72.

STEI INDONESIA. (2017). Bab iii metoda penelitian 3.1. Bab III Metoda Penelitian, Bab iii me, 1–9.

Tangkearung, S. S., Chintya, J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Toraja, I. (n.d.). Dampak pembelajaran daring terhadap kedisiplinan belajar. 2020, 59–65.

Uspitasari, I., Hernawati, H., & Hidayat, M. S. (2022). Problematika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.49

Vivi Novianti, H. (2020). Hubungan Kedisplinan dan pemahaman Ayat-Ayat Al Qur’an dengan Akhlak Peserta didik (Studi di MAN 2 Kota Serang). Jurnal Qathruna, 7(0.1101/2021.02.25.432866), 1–15.

Yasir, M. I., & Indra, S. (2021). Pembentukan Karakter Peserta didik Selama Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh di Kelurahan Pamoyanan. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 105. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3615

Yulianingrum, T., Mardiana, T., & Sukmarani, D. (2022). Analisis Karakter Disiplin Peserta didik Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun. 2022(2022), 42–55.