PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh kedisplinan terhadap kinerja pendidik di SDN Argapura 02. Teknik dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui hasil dari teknik pengambilan angket. Sampel pada penelitian ini sebesar 15 pendidik. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode korelasi fungsional. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja pendidik. Hasil data yang telah dianalisis menghasilkan korelasi atau pengaruh sebesar 0,967 dan koefisien determinasi sebesar 0,934 yang artinya terdapat pengaruh dari variabel bebas (kedisiplinan) terhadap variabel terikat (kinerja pendidik) sebesar 0,934 x 100 = 93,4 %. Dan berdasarkan pada uji t dengan bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 13.588 > 9,67 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara kedisiplinan terhadap kinerja pendidik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ardial, Paradigma Dan Model Penelitian Komunikasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006,
Asrori, Pengaruh Kedisiplinan Mengajar Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Mts Fatahillah Bringin Semarang, Fakultas Tarbiyah Iain Walisongo Semarang, 2004.
Bahri Djamarah, Syaiful, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.
Bungi, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Dharma, Agus, Manajemen Supervisi:Petunjuk Praktis Bagi Supervisor, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004..
Fred C. Lunenburg and Beverly J. Irby, The Princpalship: Vision to Action,
Hajar, Ibnu, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Hamalik, Oemar, Psikologi Manajemen Penuntun Bagi Pemimpin, Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Hasan, Iqbal, Analisis Data Penelitian Dengan Data Statistik, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.
Husaini, Usman, Manajemen Teori Praktek Dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Ibnu Rusn, Abidin, Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1998.
Langgulung, Hasan, Manusia Dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi, Filsafat Dan Pendidikan. Jakarta : PT Al-Husna Zikra, Cet Ke-3, 1995
Moeheriono, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Competency Based Human Resource Manajemen), Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2010.
Nasution, S. Sosiologi Pendidikan, Bandung: Bumi Aksara, 1995.
Nawawi, Hadari, Manajemen Sumber Daya Manusia Dengan Bisnis Yang Kompetitif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2011.
Neolaka Amos, Metode Penelitian Dan Statistik, Bandung PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Ondi Saondi Dan Aris Suherman, Etika Profesi Kependidikan, Bandung: PT Refika Aditama, 2012.
Poltak Sinambela, Lijan, Kinerja Pegawai (Teori, Pengukuran Dan Implikasi), Yogyakarta: Graha Ilmu,2012.
Prabu Mangkunegara, Anwar, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Prastowo, Andi, Memahami Metode- Metode Penelitian, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2011.
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007
Rakhmat, Jalaluddin, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993.
Ridwan, Belajar Mudah Penelitian Dengan Pendidik- KaryawAn Dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2008.
Ridwan, dasar-dasar statistika, bandung: alfabeta, 2008.
Rosidah Dan Sulistiyani, Pemimpin Dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2003.
S.P Hasibuan, Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.
Sagala, Syaiful, Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung:
Alfabeta, 2007.
Santoso Sastropoetro, R.A. Partisipasi, Komunikasi, Persuasi Dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional, Bandung: Penerbit Alumni, 1988.
Sastrohadiwiryo. B. Siswanto, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.
Schermerhorn,, Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2003.
Singarimbun Dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1989.
Siregar, Syofian, Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan
Manual & Spss, Jakarta: Kencana, 2013.
Sudarman, Momon, Profesi Pendidik: Dipuji, Dikritisi Dan Dicaci, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2013.
Sudarmanto, Kinerja Dan Pengembangan Kompetensi SDM (Teori, Dimensi Pengukuran, Dan Implementasi Dalam Organisasi), Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2009
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: ALFABETA,2008.
Supardi, Kinerja Pendidik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Sutrisno, Edy, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Prenada Media Group, 2009.
Syukur, Fatah, Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan, Semarang: Program Pasca Sarjana IAIN Walisongo Dan Pustaka Rizki Putra, 2012.
Tri Maryati, pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih ibadah mahdah aspek kognitif pada siswa kelas VIII di MTs Negeri brangsong kendal tahun ajaran 2014/2015, fakultas Ilmu tarbiyah dan kependidikan IAIN walisongo semarang, 2014.
Tu’u, Tulus, Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo, 2004.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005. Pasal 20 Tentang Pendidik Dan Dosen.
Utsman, Husaini, Manajemen, Teori, Praktik Dan Reset Pendidikan, Jakarta:Rosdakarya, 2008.