PENGARUH METODE MURAJA’AH JAMA’I TERHADAP KUALITAS HAFALAN ALQUR’AN

Main Article Content

Amrin Apriadin
Hasan Bisri
Zahra Khusnul Lathifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode muraja’ah jama’i terhadap kualitas hafalan Alqur’an. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu tingginya animo masyarakat yang ingin memasukkan anak-anaknya di lembaga pendidikan tahfidz, sedangkan dilapangan didapati  banyak lembaga tahfidz yang hanya fokus kepada kuantitas hafalan Alqur’an saja, sedangkan untuk kualitas hafalan Alqur’an tidak terlalu di programkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitaf eksperimen. Desain penelitian menggunakan posstest only control group design. Santri dibagi menjadi 2 kelas treatment, kelas pertama sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua sebagai kelas kontrol. Setiap kelas mendapatkan 4 kali treatment dan 1 kali posstest. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes lisan posstest. Adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-test menggunakan independen simple t-test untuk membadingkan kualitas hafalan Alqur’an santri yang kelas eksperimen dan santri kelas kontrol. Berdasarkan hasil pembahasan tentang metode muraja’ah jama’i yang berpengaruh terhadap kualitas hafalan Alqur’an, peneliti mengambil simpulan bahwa metode muraja’ah jama’i sangat efektif diterapkan pada lembaga pendidikan tahfidz, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data uji independent sampel t-test pada taraf siginfikansi 5% pada kualitas hafalan Alqur’an, diperoleh nilai signifikansi hitung lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,001, maka nilai sig. < 0,05 (0,001 < 0,05). Selain itu, dapat didukung juga dengan hasil rata-rata kualitas hafalan Alqur’an yang diperoleh, pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata sebesar 93,08 dan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 82,15.

Article Details

How to Cite
Apriadin, A., Bisri, H., & Lathifah, Z. K. (2020). PENGARUH METODE MURAJA’AH JAMA’I TERHADAP KUALITAS HAFALAN ALQUR’AN. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 3(2), 31–46. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/2808
Section
Articles

References

Al - Ghautsani, D. . (2014). Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al - Quran. Pustaka Imam Asy - Syafi’i.

Al - Mujahid, A. T. (2015). Ilmu Tajwid. Team Darus Sunnahh.
Anwar, E. (2015). Bimbingan Tahsin dan Tajwid Al - Qur’an. Cahaya Qur’ani Press.

Hidayatullah, I. A. A. (2016). Metode TahfidzAl -Quran di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 24, 91–102.

Kamal, M. (2017). Siswa, Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Alqur’an Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 1–17.

Lathifah, Z. K., & Helmanto, F. (2019). ORANG TUA SEBAGAI PANUTAN ISLAMI UNTUK ANAK. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 131-137.

Mundiri, A., & Zahra, I. (2017). Implementasi Metode STIFin Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alqur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 202–223.

Nawawi, I. (1990). Teknik Menghafal Alqur’an (Kaifa Tahfizd Alqur’an). Pustaka Nasional PTE LTD.

Rusadi, B. E. (2018). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Alqur’an Mahasantri Ponpes Nurul Qur’an Tangerang. Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 268–282.

Sa’diah, K. (n.d.). Kualitas Pembelajaran Alqur’an Dengan Metode Tartila di TPQ Sabilun Najah Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Islam, 268–289.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kantitatif, Kualitatifdan R and D. Alfabeta.

Yasin, A. b. (2014). Agar Sehafal Al-Fatihah. Hilal Media Group.
Yunus, M. (2010). Kamus Arab - Indonesia. PT Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah.

Zen, M. (1985). Tata Cara/Problematika Menghafal Alqur’an dan Petunjuknya. Pustaka Al-Husna.

Most read articles by the same author(s)