PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP WAKTU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SDN 4 TLAJUNG UDIK

Main Article Content

Yayuk Astutik
La Ode Amril
Hasan Bisri

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang telah dilakukan dengan cara kolaborasi melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama peserta didik  yang mencapai hasil belajar di atas KKM 65 adalah 21 peserta didik atau sekitar 64%, dan siklus kedua yaitu 28 peserta didik atau sekitar 85%.  Berdasarkan kedua siklus menunjukkan ada peningkatan pencapaian ketuntasan belajar setelah menggunakan metode pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching Learning (CTL). Hal ini dikarenakan pembelajaran menggunakan pembelajaran kontekstual lebih menyenangkan dan mudah dipelajari bahkan mudah diingat peserta didik. tahun pelajaran 2015/2016.

Article Details

How to Cite
Astutik, Y., Amril, L. O. ., & Bisri, H. . (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP WAKTU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SDN 4 TLAJUNG UDIK. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(5). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/11043
Section
Articles

References

Arikunto, Suharismi. 2010. Prosedur Penelitian SuatuPendekatan Praktek. Yogyakarta: PT. Rieka Cipta

Gunawan, Undang. 2008. Tekhnik Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Syagatama.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Heruman. 2007. Model Pemebelajaran Matematika. Bandung : PT. Remaja Rosda karya

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung : PT. Refika Aditama.

Kusumah, Wijaya, Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Indeks

Nana, Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT. Rosdakarya

Kania, Nia. 2018. Alat Peraga untuk memahami Konsep Pecahan. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics). Vol. 2 No.2 Januari 2018 Hal 1-12

Rusman. 2014. Model – model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. Aif Abeta

Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implimasi terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : PPPG Matematika

Suwangsih, Erna Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI Press