PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS IV SDIT AT-THORIQ
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bilangan pecahan kelas IV SDIT At-Thoriq. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quase Experimental research) dengan bentuk desain nonequivalent control grup design. Sample dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Hasil dalam penelitian ini menuntukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada tes akhir kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas eksperimen dilihat dari nilai rata-rata kelas adalah 74,31. Sedangkan kemampuan berpikir ktreatif matematis siswa pada kelas kontrol dilihat dari nilai rata-rata kelas adalah 71,37. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji t (One Sample Test) diketahui nilai sig. 0.008 karena 0.008 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dan hasil uji t menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bilangan pecahan. Berdasarkan perhitungan data tes akhir maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dipengaruhi oleh model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika materi bilangan pecahan kelas IV SDIT At-Thoriq.
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Hamdayama, J.(2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: GI
Hendriana, H. Rohaeti, E, E., & Sumarmo U.2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Heriana, H.& Soemarmo, U.(2014).Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Rafika Aditama.
Iskandar.(2012).Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi.
Johnson,E. B.(2014).Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Khaifa.
Kholis, N.(2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang Sisdiknas 2003, Jurnal Kependidikan, Vol. II, No. I, Tahun,
Kompri.(2015). Motivasi Pembelajaran Persfektif Duru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kurniasih, I.,& Sani. B.(2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Kusuma, W. S.(2013). Taksonomi Berpikir. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Lestari, K. E.,& Yudhanegara, M. R.(2015).Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Rafika Asitama.
Ngalimun.(2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Priansa, D. J.(2015). Manajeman Peserta Didik Dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Rusman.(2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Shoimin, A.(2014).68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ar-ruzz media.
Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2016).cara mudah menyusun skripsi, tesis, dan disertasi. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata,N. Sy., &Syaodih, E.(2012).kurikulum dan pembelajaran kompetensi. Bandung; PT Refika Aditama
Suprijono, A.(2016). Model-model pembelajaran emansipatoris.(Yogyakarta: pustaka belajar.
Sutanto, A.(2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana..
Trianto.(2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif, Jakarta: Kencana
Widiasworo, E.(2017).Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif Dan Komunikatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.