PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
Main Article Content
Abstract
Kedudukan guru sangat krusial dalam pembelajaran, serta merupakan salah satu bagian yang banyak memiliki kontribusi dalam memajukan pendidikan. Namun kenyataan yang terjadi dilapangan kualitas guru masih dianggap rendah. Berdasarkan hitungan uji kompetensi guru (UKG) pada tahun 2014 terhadap sekitar satu koma enam juta guru, nilainya sebagian besar di bawah lima puluh dari nilai tertinggi 100. Kompetensi/kemampuan yang musti dmiliki dan dikuasai yaitu penguasaan guru terhadap kompetensi pedagogik. Salah satu sarana pengembangan dan pembinaan profesi keguruan yang yang membantu pengembangan dalam hal kompetensi pedagogik ialah Kelompok Kerja Guru (KKG). Oleh sebab itu, penelitian ini akan mengkaji peranan KKG dalam membantu menumbuhkan kompetensi pedagogik. Penelitian dilaksanakan di SDN Sindangsari sekaligus Gugus 4 Bogor Tengah sebagai penyelenggara KKG. Data yang diambil dan dikaji menggunakan teknik pengamatan/observasi dan wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir pengamatan ini menggambarkan bahwa program-program KKG sangat berhubungan dengan Kompetensi Pedagogik. Dari 7 indikator Kompetensi Pedagogik, bentuk kegiatan peningkatannya ada di program KKG seperti pembuatan Silabus, Prota, Promes, RPP yang kaitannya erat dengan indicator Pengembangan Kurikulum. Dari hasi penelitian terdapat kesimpulan bahwa KKG ialah alternatif sarana yang memadai untuk guru dalam memperbaiki serta memajukan kompetensinya khususnya kompetensi pedagogik.
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.
ELN. (2015, Juli 07). Kompas.com tersedia di:m.print.kompas.com/news.
M.Ali N. (2016, Januari 18). antaranews.com.
Imam Suryadi. Peran Organisasi Pengembangan Profesi Guru (MGMP, KKG) Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Sehubungan dengan Sertifiksi Guru, Makalah Worshop, 2012. Palembang : KanwilKemenag Sum-Sel.
Jejen Musfah. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta : Kencana.
Kemendikbud. (2010). Kompilasi Buku KKG dan MGMP. Jakarta : Direktorat Profesi Pendidik.
Kaswan. (2011). Pelatihan dan Pengembangan untuk meningkatkan kinerja SDM. Bandung : Alfabeta.
Laeli, S., Mahruddin, A., & Fazriah, D. F. (2017). EFEKTIVITAS KURIKULUM BERBASIS KEMASYARAKATAN. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 115-125.
Lexy J. Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Rosdakarya.
Peraturan Menteri Agama republic Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R & D.Bandung : Alfabeta
Uyoh Sadullah. (2011). Pedagogik (Ilmu Mendidik).Bandung : Alfabeta.
Zainal Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan.Bandung,: PT. Remaja Rosdakarya