PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Main Article Content

Irma Nurhikmah
Widyasari Widyasari
Mega Febriani Sya

Abstract

Kedudukan guru sangat krusial dalam pembelajaran, serta merupakan salah satu bagian yang banyak memiliki kontribusi dalam memajukan pendidikan. Namun kenyataan yang terjadi dilapangan kualitas guru masih dianggap rendah. Berdasarkan hitungan uji kompetensi guru (UKG) pada tahun 2014 terhadap sekitar satu koma enam juta guru, nilainya sebagian besar di bawah lima puluh dari nilai tertinggi 100. Kompetensi/kemampuan yang musti dmiliki dan dikuasai yaitu penguasaan guru terhadap kompetensi pedagogik. Salah satu sarana pengembangan dan pembinaan profesi keguruan yang yang membantu pengembangan dalam hal kompetensi pedagogik ialah Kelompok Kerja Guru (KKG). Oleh sebab itu, penelitian ini akan mengkaji peranan KKG dalam membantu menumbuhkan kompetensi pedagogik. Penelitian dilaksanakan di SDN Sindangsari sekaligus Gugus 4 Bogor Tengah sebagai penyelenggara KKG. Data yang diambil dan dikaji menggunakan teknik pengamatan/observasi dan wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir pengamatan ini menggambarkan bahwa program-program KKG sangat berhubungan dengan Kompetensi Pedagogik. Dari 7 indikator Kompetensi Pedagogik, bentuk kegiatan peningkatannya ada di program KKG seperti pembuatan Silabus, Prota, Promes, RPP yang kaitannya erat dengan indicator Pengembangan Kurikulum. Dari hasi penelitian terdapat kesimpulan bahwa KKG ialah alternatif sarana yang memadai untuk guru dalam memperbaiki serta memajukan kompetensinya khususnya kompetensi pedagogik.

Article Details

How to Cite
Nurhikmah, I., Widyasari, W., & Sya, M. F. (2019). PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/1666
Section
Articles

References

Ali Mudhofir. (2012). Pendidik Profesional. Jakarta :Rajawali Press.
Departemen Pendidikan Nasional. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.
ELN. (2015, Juli 07). Kompas.com tersedia di:m.print.kompas.com/news.
M.Ali N. (2016, Januari 18). antaranews.com.
Imam Suryadi. Peran Organisasi Pengembangan Profesi Guru (MGMP, KKG) Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Sehubungan dengan Sertifiksi Guru, Makalah Worshop, 2012. Palembang : KanwilKemenag Sum-Sel.
Jejen Musfah. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta : Kencana.
Kemendikbud. (2010). Kompilasi Buku KKG dan MGMP. Jakarta : Direktorat Profesi Pendidik.
Kaswan. (2011). Pelatihan dan Pengembangan untuk meningkatkan kinerja SDM. Bandung : Alfabeta.
Laeli, S., Mahruddin, A., & Fazriah, D. F. (2017). EFEKTIVITAS KURIKULUM BERBASIS KEMASYARAKATAN. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 115-125.
Lexy J. Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Rosdakarya.
Peraturan Menteri Agama republic Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R & D.Bandung : Alfabeta
Uyoh Sadullah. (2011). Pedagogik (Ilmu Mendidik).Bandung : Alfabeta.
Zainal Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan.Bandung,: PT. Remaja Rosdakarya