PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MODEL KONTEKSTUAL DI MUSLIM SUKSA SCHOOL THAILAND

Main Article Content

Fazriawati Due
Agung Mutaqqien
Agus Mulyana
Imam Kurniawan

Abstract





Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pembelajaran bahasa Arab dengan Model Kontekstual di Muslim Suksa School Thailand, termasuk pendekatan, metode, strategi, dan pola yang digunakan; mengetahui dan mengkaji kebutuhan dan karakteristik siswa-siswi di Muslim Suksa School Thailand terkait dengan pembelajaran bahasa Arab; mengetahui langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab di Muslim Suksa School Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menurut model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian pembelajaran bahasa Arab yang dengan Model Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) di Muslim Suksa School Thailand yaitu dilakukan dengan menghubungkan materi akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu berbasis media (Media Based Appaarch), selanjutnya strategi yang digunakan yaitu terdapat dua pertama berdasarkan unsur bahasa yakni strategi mufrodat dan berdasarkan keterampilan bahasa yakni perpaduan antara empat keterampilan bahasa. Metode yang digunakan yaitu metode Cooperative Learning. Serta pola pembelajaran yang digunakan adalah pola pembelajaran guru dan media. Karakteristik dan kebutuhan siswa terkait dengan pembelajaran bahasa Arab diantaranya yaitu terbiasa berbahasa Thailand (bahasa Ibu), sulit melafalkan bahasa Arab, senang dengan cara belajar yang kreatif (menggunakan media), senang dengan bahasa Arab sebagai bahasa Muslim. Langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab di Muslim Suksa School Thailand terbagai menjadi dua diantaranya yaitu langkah perencanaan dan langkah pelaksanaan..





Article Details

How to Cite
Due, F., Mutaqqien, A. ., Mulyana, A. ., & Kurniawan, I. (2023). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MODEL KONTEKSTUAL DI MUSLIM SUKSA SCHOOL THAILAND. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(5). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/10984
Section
Articles

References

Abdul, W. R., & Ni'mah, M. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembeljaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Asyrofi, S., & Pransiska, T. (2019). Desain Pembelajaran Bahasa Arab : Model, Strategi Dan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Bangkok, K. B. (2020). Selayang Pandang Hubungan Billateral Indonesia Thailand . Bangkok: Keduataan Besar Republik Indonesia Bangkok.

Jumakyah, W. (2017). Pembelajaran bahasa Arab di Nirandonwitya (Al-Madrasah Al-Abadiyah Ad-Diniyah) Narathiat Thailand Selatan. Disertasi Doktor. Malang: Universitas Negeri Malang.

Moleong, L. J. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN MALIKI PRESS.

Nurfaiqoh, M. (2017). Pembelajaran bahasa Arab di Pratheep Vitthaya School Narathiwat Thailand Selatan. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang.

Putri, R. A. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Menggunakan Media Audio-Visual Guna Meningkatkan Daya Ingat PEserta Didik di Sekolah Tha-IT Suksa Bangkok Thailand. Skipsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Negeri Malang.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan profesinalisme. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sartono. (2020, Juli 6). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Retrieved from Kementerian Kebudayaan, Riset dan Teknologi: https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/864/bahasa-internasional

Sugiyono. (2016). Metode Penlitian , Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.