Sertifikasi Halal Produk Olahan Pangan

Main Article Content

Zusi Eka Fitri
Aji Jumiono

Abstract

Asal dari semua ilmu pengetahuan disebut dengan falsafah sains. Halal memiliki arti diperbolehkan. Dari ilmu pangan halal ini dapat menjadi alat dalam memahami sertifikasi halal dalam industri pangan. Karena Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas penduduk dengan agama islam, maka sertifikasi halal pada setiap produk pangan sangat penting. Hal ini menyebabkan penulis membahas pemahaman tentang sertifikasi halal dalam industri pangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode literatur (literature review) adalah metode yang menggunakan studi pustaka atau berbagai literatur sebagai sumber informasi yang telah dilakukan sebelumnya. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hal ini dilakukan agar penyusunan data yang sudah didapatkan kemudian dipaparkan dan dianalisis sehingga bisa menginformasi bagi pemecahan masalah yang dihadapi. Sertifikasi halal adalah pengakuan kehalalan suatu produk yang dikeluarkan oleh BPJPH berdasarkan fatwa tertulis yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia.  Pihak yang terlibat dalam proses sertifikasi halal adalah Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Article Details

How to Cite
Fitri, Z. E., & Jumiono, A. (2021). Sertifikasi Halal Produk Olahan Pangan. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.30997/jiph.v3i2.9676
Section
Articles

References

Agustina, Yuli., Pratikto, Heri., Churiyah, Madziatul dan Dharma, Buyung Adi. 2019. Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produk Halal Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Graha Pengabdian Vol 1(2):139-150.

Akim, Konety., Neneng, Purnama.., Chandra, Adilla M.H. 2018. The Understanding of Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) in Jatinangor on The Obligation of Halal Certification on Food Products. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1(1): 31-49.

Cahyono, A.D. 2016. Urgensi Penerapan Sertifikasi Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Terhadap Produk UMKM (Studi di Kota Mataran). Vol 23.

Dewi, Nur Saudah Al Arifah. 2020. Kajian Kesadaran Konsumsi Pangan Halal Pada Pelajar SLTP. Indonesian Juornal of Halal. Hal: 69-73

Gillani, S.H., Ijaz, F., dan Khan, M.M. 2016. Role of Islamic Financial Institutions in Promotion of Pakistan Halal Food Industry. Islamic Banking and Finance Review Vol 3(1): 29-49.

Jumiono, A., & Rahmawati, S. I. (2020). Kriteria Sertifikasi Halal Barang Gunaan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 2(1), 10-16.

Nasoetion AN. 1999. Pengantar ke Filsafat Sains. PT. Pustaka Litera AntarNusa: Bogor.

Noordin, N., Noor, N. L., dan Samichp, Z. 2014. Strategic Approach to Halal Certification System: An Ecosystem Perspective. International Halal Conference, PWTC (79-95). Kuala Lumpur: Procedia-Social and Behavioral Sciences 121.

Riwukore, Jefirstson Richset dan Habaora, Fellyanus. 2018. Falsafah Sains Titik Kritis Penyembelihan Halal. Weekyline Journal Vol 1(1): 11-20.

Salehudin, I., dan Mukhlish, B.M. 2012. Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi dan Temuan di Lapangan (Halal Marketing: Concept, Implication and Field Finding). Dulu Mendengar Sekarang Bicara; Kumpulan Tulisan Ekonomi Muda FEUI hal 293-305.

Sari, Desi Indah. 2018. Perlindungan Hukum Atas Label Halal Produk Pangan Menurut Undang-Undang. Jurnal Ilmiah Hukum Kenotariatan Vol 7(1): 1-14.

Supriyanto, Irwan dan Amany. 2022. Penanaman Nilai Karakter Religius Pada Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Tahun 2022. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 3(3): 154-162.

Surajiyo. 2010. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta.

Waharini, Faqiatul dan Purwantini, Anissa Hakim. 2018. Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia. Jurnal Muqtasid Vol 9(1): 1-12.

Yuwana, Siti Indah Purwaning dan Hasanah, Hikmatul. 2021. Literasi Produk Bersertfikasi Halal Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1(2): 104-112.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>