Penggunaan Media Capital Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Kapital Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12031Keywords:
keterampilan menulis, huruf kapital, media, capital boardAbstract
Menulis menggunakan huruf kapital ini seharusnya sudah diajarkan pada saat anak berada di kelas dua sekolah dasar. Tetapi pada kenyataannya di kelas III SD masih banyak siswa yang masih belum mengenal bentuk huruf kapital juga belum mengetahui penggunaan huruf kapital yang benar. Tujuan daripada penelitian ialah untuk mengetahui penggunaan media capital board dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart. Data pada penelitian diambil melalui test. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas III SD. Indikator keberhasilan penelitian adalah 80% siswa dapat mencapai Kriterian Ketentusan Minimal (KKM) dengan nilai 70. Hasil sebelum dilaksanakannya tindakan (pra siklus) menunjukan hanya 9 (36%) siswa mendapatkan KKM. Pada siklus pertama 17 (68%) siswa yang memperoleh nilai KKM. Sedangkan pada siklus kedua sebanyak 21 (84%) siswa mencapai KKM. Maka dari itu, terdapat peningkatan 32% dari tahap pra siklus sampai dengan siklus pertama, dan 16% dari siklus pertama kepada siklus kedua.
References
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove The Science Learning Results Through The Use Of Learning Video Media. Sosial Humaniora, 12(April), 54–72. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034
Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021
Buqis, B. N., & Damayanti, M. I. (2023). Pengembangan Media Kartu Bergambar Materi Dongeng di Kelas II Sekolah Dasar Skripsi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 967–976. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/53276
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Masaroh, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Examples Non Examples Dan Mind Mapping Dengan Multimedia Proyektor Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.
Muoko, M. (2015). Kemampuan Menulis Cerpen Bertolak Dari Peristiwa Yang Pernah Dialami Pada Siswa Kelas IX SMP N 4 Bolaang Uki.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/NWXMDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Penelitian+Tindakan+Kelas:+Sebagai+Upaya+Peningkatan+Kualitas+Pembelajaran,+Profesionalisme+Guru+Dan+Kompetensi+Belajar+Siswa.&pg=PA11&printsec=frontcover
Praptanti, I., & Noorliana, N. (2017). Analisis Kemampuan Menulis Argumentasi pada Makalah Ilmiah Mahasiswa Farmasi Universitas Muhamadiyah Purwokerto. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 137. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1856
Purnamasari, A. M., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2020). Analisis Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas 4 Sdn Binong Ii Kabupaten Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1), 13–23. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2564
Rahayu, J. R. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Kapital pada Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio, 7(3), 1026–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1332
Rahim, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menggunakan Huruf Kapital Siswa Kelas V SD Inpres 2 Mepanga Melalui Metode Pemberian Tugas. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 204–218. https://media.neliti.com/media/publications/111216-ID-peningkatan-kemampuan-menggunakan-huruf.pdf
Ramadhan, S. N. P., Aliyyah, R. R., & Firmansyah, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Sembia Sosis Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 69. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4024
Sumiati. (2010). Penggunaan Media Dua Dimensi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Tentang Sifat-Sifat Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Sidomulyo Tahun Pelajaran 2009/2010. 44. file:///C:/Users/user/Downloads/4146 (1).pdf
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tanjung, B. I. K., & Syakur, N. (2017). Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Huruf Kapital Siswa Kelas Ii Sd Al-Washliyah 01 Medan. Jurnal Mediasi, 6(01), 12–28. http://digilib.unimed.ac.id/28127/1/Fulltext.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Piya Septiani; Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.