Hubungan Masyarakat pada Badan Eksekutif Mahasiswa : Peresepsi Organisasi
Keywords:
Hubungan Masyarakat, badan eksekutif, mahasiswa, organisasiAbstract
Penelitian bertujuan menganalisa keterkaitan pola perilaku sosial BEM FAIPG Universitas Djuanda dalam kaitannya dengan kerjasama dengan organisasi mahasiswa dalam program kerja sebagai hubungan organisasi, serta aspek pendidikan yang bias dikaji didalamnya. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Data primernya adalah orang-orang yang mengetahui secara mendalam perilaku sosial humas BEM FAIPG di Universitas Djuanda. Sedangkan data sekunder adalah literatur-literatur yang sesuai dengan judul penelitian penulis. Penggalian data dilakukan secara bertahap melalui google form untuk mendapatkan data yang mendalam. Analisis data dilakukan dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan untuk menganalisis indikator. Penelitian yang penulis peroleh adalah Persepsi terhadap BEM FAIPG di Universitas Djuanda yang diuraikan pada hasil penelitian lebih cenderung ke arah positif, karena mahasiswa membuat lingkaran komunikasinya dalam bentuk kelompok. Faktor kontekstual berperan dalam memberikan dorongan atau motivasi dari tindakan.
References
Aliyyah, R. R., Ayuntina, D. R., Herawati, E. S. B., & Suhardi, M. (2020). Using of contextual teaching and learning models to improve students natural science learning outcomes. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 65-79.
Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah kerja nyata: pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663-676.
Aliyyah, R. R., Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions Of Elementary School Teachers Towards The Implementation Of The Independent Curriculum During The Covid-19 Pandemic. Journal Of Education And E-Learning Research, 10(2), 154-164.
Dwiyama, F., Adriani, A., Ismia, I., & Oktafiana, R. (2020). Manajemen Humas: Membangun Peran Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 63–71. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.868
Musyarrofah, M. (2018). Peran Humas Dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 11–23. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5122
Ningsih, I., . A., & . H. (2022). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di SMPN 1 Tellu Siattinge. Jurnal Mappesona, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.30863/mappesona.v5i1.2495
Niswaty, R., Wulandari, S., Saleh, S., & S, M. R. (2019). Strategi Humas Universitas Negeri Makassar Dalam Meningkatkan Citra Positif Masyarakat. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 99. https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7888
Nurul, N. (2018). Strategi Manajemen Humas Dalam Menyampaikan Program Unggulan Madrasah. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 36–48. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.247
Pratiwi, H. A. (2011). Peranan Humas Dalam Membentuk Citra Positif Perguruan Tinggi. Deiksis, 3(1), 50–62.
Setyanto, Y., Anggarina, P. T., & Valentina, A. (2017). Branding yang Dilakukan Humas pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 171. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.347
Supriani, Y. (2022). Implementasi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu Madrasah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 587–594. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.453
Tendean S. Cristian. (2013). Peranan Humas Dalam Pencitraan Universitas Sam Ratulangi Manado. Acta Diurna, II(4), 1–16. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/2614/2157
Wawan Nopardo Andika Saputra, Eddy Lion, & U. Z. Mikdar. (2023). Perilaku Sosial Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Dalam Perspektif Etika Berorganisasi di Tingkat Universitas Palangka Raya. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(1), 124–145. https://doi.org/10.37304/jpips.v15i1.9520
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hania Pricilia; Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.