Penggunaan Media Capital Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Kapital Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Main Article Content

Piya Septiani
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Menulis menggunakan huruf kapital ini seharusnya sudah diajarkan pada saat anak berada di kelas dua sekolah dasar. Tetapi pada kenyataannya di kelas III SD masih banyak siswa yang masih belum mengenal bentuk huruf kapital juga belum mengetahui penggunaan huruf kapital yang benar. Tujuan daripada penelitian ialah untuk mengetahui penggunaan media capital board dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart. Data pada penelitian diambil melalui test. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas III SD. Indikator keberhasilan penelitian adalah 80% siswa dapat mencapai Kriterian Ketentusan Minimal (KKM) dengan nilai 70. Hasil sebelum dilaksanakannya tindakan (pra siklus) menunjukan hanya 9 (36%) siswa mendapatkan KKM. Pada siklus pertama 17 (68%) siswa yang memperoleh nilai KKM. Sedangkan pada siklus kedua sebanyak 21 (84%) siswa mencapai KKM. Maka dari itu, terdapat peningkatan 32% dari tahap pra siklus sampai dengan siklus pertama, dan 16% dari siklus pertama kepada siklus kedua.

Article Details

How to Cite
Septiani, P., & Aliyyah, R. R. (2024). Penggunaan Media Capital Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Kapital Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(2), 2150–2162. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12031
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove The Science Learning Results Through The Use Of Learning Video Media. Sosial Humaniora, 12(April), 54–72. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034

Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021

Buqis, B. N., & Damayanti, M. I. (2023). Pengembangan Media Kartu Bergambar Materi Dongeng di Kelas II Sekolah Dasar Skripsi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 967–976. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/53276

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Masaroh, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Examples Non Examples Dan Mind Mapping Dengan Multimedia Proyektor Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.

Muoko, M. (2015). Kemampuan Menulis Cerpen Bertolak Dari Peristiwa Yang Pernah Dialami Pada Siswa Kelas IX SMP N 4 Bolaang Uki.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/NWXMDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Penelitian+Tindakan+Kelas:+Sebagai+Upaya+Peningkatan+Kualitas+Pembelajaran,+Profesionalisme+Guru+Dan+Kompetensi+Belajar+Siswa.&pg=PA11&printsec=frontcover

Praptanti, I., & Noorliana, N. (2017). Analisis Kemampuan Menulis Argumentasi pada Makalah Ilmiah Mahasiswa Farmasi Universitas Muhamadiyah Purwokerto. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 137. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1856

Purnamasari, A. M., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2020). Analisis Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas 4 Sdn Binong Ii Kabupaten Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1), 13–23. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2564

Rahayu, J. R. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Kapital pada Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio, 7(3), 1026–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1332

Rahim, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menggunakan Huruf Kapital Siswa Kelas V SD Inpres 2 Mepanga Melalui Metode Pemberian Tugas. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 204–218. https://media.neliti.com/media/publications/111216-ID-peningkatan-kemampuan-menggunakan-huruf.pdf

Ramadhan, S. N. P., Aliyyah, R. R., & Firmansyah, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Sembia Sosis Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 69. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4024

Sumiati. (2010). Penggunaan Media Dua Dimensi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Tentang Sifat-Sifat Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Sidomulyo Tahun Pelajaran 2009/2010. 44. file:///C:/Users/user/Downloads/4146 (1).pdf

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tanjung, B. I. K., & Syakur, N. (2017). Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Huruf Kapital Siswa Kelas Ii Sd Al-Washliyah 01 Medan. Jurnal Mediasi, 6(01), 12–28. http://digilib.unimed.ac.id/28127/1/Fulltext.pdf

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>