IMPLEMENTASI BUDAYA LOKAL MASYARAKAT THAILAND DAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI PHATNAWITYA DEMONSTRATION SCHOOL YALA

Authors

  • Nur Asti Maulida Universitas Djuanda
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda
  • Abdul Kholik Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i4.15366

Keywords:

Implemtasi, Budaya Lokal, Thailand, Karakter

Abstract

Pentingnya implementasi budaya lokal pada peserta didik sebagai landasan dalam pembentukan karakter. Cara yang digunakan untuk menghasilkan sebuah karakter dapat dilakukan dengan memasukkan unsur-unsur kebudayaan yang ada di wilayah tersebut. Pembiasaan baik dapat ditempuh melalui aturan-aturan yang diberlakukan sekolah seperti peningkatan keterampilan peserta didik dengan memberikan fasilitas dan dukungan, penggunaan bahasa tradisional dan penggunaan pakaian tradisional, sehingga dapat memicu perkembangan karakter pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan budaya lokal Thailand dan pembentukan karakter peserta didik di Phatnawitya Demonstration School Yala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian didapatkan dari hasil wawancara, hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi budaya lokal yang diterapkan di Phatnawitya Demonstration School dapat membentuk karakter peserta didik.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); 1st ed.). CV. Syakir Media Press.

Adri, H. T., Hamamy, F., Ichsan, M., & Sumarni, D. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor. EDUCIVILIA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 93–103. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3612

Assih, M., & Andari, S. (2023). Manajemen Program “Wer Praca Wan Txn Chea” dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan melalui Budaya Membersihkan Lingkungan Sekolah di Samnaksong Sriwichai School, Thailand. Journal Edu Learning, 2(1), 184–192.

Asyari, S. M. (2022). Pendidikan Agama Islam dan Preservasi Identitas Sosiokultural-Religius dalam Konteks Thailand Selatan. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 277–297.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih di antara Lima Pendekatan. In S. Z. Qudsy (Ed.), Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Appoaches (3rd ed., p. x). PUSTAKA PELAJAR.

Fadilah, Rabi’a, Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., & Elisanti, A. D. (2021). Pendidikan Karakter (M. I. A. Fathoni (ed.); 1st ed.). CV. AGRAPANA MEDIA.

Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., Kholik, A., Aminulloh, M., Utami, I. I. S., Efendi, I., & Gunadi, G. (2022). Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Berorientasi Pelajar Pancasila. Jurnal Warta LPM, 25(2), 164–174.

Maisu, M. A. (2017). Strategi Pendidikan Karakter Mukmi di M. TON/M. Plai Sekolah Islam Sartimulniti Phattalung Thailand. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, 18(2), 90–99.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). Memahami Masyarakat dan Perspektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(1), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Maulida, N. A., Tasti Adri, H., & Kholik, A. (2024). IMPLEMENTASI BUDAYA LOKAL MASYARAKAT THAILAND DAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI PHATNAWITYA DEMONSTRATION SCHOOL YALA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 458–467. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i4.15366

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>