PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPA

Main Article Content

Fatti Rahmmah Kaniaazahrra Nurkahfi
Helmia Tasti Adri
Muhammad Ichsan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media diorama mempengaruhi hasil belajar IPA tentang ekosistem siswa di kelas V SDN Pasirtengah 02.Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang tidak setara dengan desain kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerima perlakuan melalui media diorama, sedangkan kelompok kontrol menerima perlakuan melalui media buku. Studi ini melihat populasi sebanyak lima puluh. Penelitian ini menggunakan tes. Penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif, yaitu perhitungan mean, untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media diorama berdampak pada pembelajaran IPA tentang ekosistem siswa kelas V SDN Pasirtengah 02. Hasil perhitungan mean dengan menggunakan spss versi 25 menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest yaitu di peroleh kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing masing siswa berjumlah 25 siswa. Hasil dari rata-rata kelas eksperimen adalah 78,80 dan kelas kontrol yaitu 63,20. Selisih nilai rata-rata
posttest kedua kelompok tersebut sebesar 15,6.

Article Details

How to Cite
Kaniaazahrra Nurkahfi, F. R., Tasti Adri, H. ., & Ichsan, M. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2), 131–137. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.12863
Section
Articles

References

Akmal, H. S. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Arsyad, P. D. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Pt. Rajagrafindo Persada

Deliany N, H. A. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Drs. Syafril, Z. Z. (2017). Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Farida Nur Kumala, S. M. (2016). Pembelajaran Ipa Sd. Malang: Penerbit Ediide Infografik.

Kustawan, D. (2013). Penilaian Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus / Dedy Kustawan. Jakarta: Luxima Metro Media.

Lathifah, Z. K., Latif, A., Tambunan, E., Falimu, Harahap, H. S., & Noveny, R. M. (2022). Manajemen Pendidikan Di Era Digital: Konsep, Strategi Dan Aplikasi (1st Ed.).

Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatan Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: Cv. Mine.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Danr&D.Bandung:Alfabeta.

Sujana, A. (2021). Dasar-Dasar Ipa : Konsep Dan Aplikasinya.

Tirtoni, F. (2018). Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Sidoarjo: Umsida Press.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Yusuf, D. A. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.