Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Main Article Content

E. Lita Fitriyani
Helmia Tasti Adri
desky Halim Sudjani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara rinci tentang kurikulum pembelajaran tematik, pelaksanaan
pembelajaran tematik dan kendala-kendala dan solusi dalam keterlaksanaan pembelajaran tematik di SDN Cibaregbeg. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan Model analisis dari Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan di sekolah dasar adalah kurikulum 2013, adapun pelaksanaan
pembelajaran tematik kelas I, II, dan III di SDN Cibaregbeg sudah terlaksana, namun belum maksimal, dikarenakan ada kendala-kendala yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tematik seperti kurangnya sumber belajar, terbatasnya sarana dan prasarana, kapasitas siswa di kelas yang terlalu banyak sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang efektif, kurangnya kesadaran guru dalam membuat materi pembelajaran, kurangnya pemahaman peserta didik, Solusi dalam mengatasi kendala pembelajaran tematik yaitu dengan diadakannya workshop, pelatihan dan KKG baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keterlaksanaan pembelajaran tematik akan mudah diterapkan apabila guru memiliki kompetensi sebagai pendidik dan mampu untuk kreatif, inovatif, dan profesional.

Article Details

How to Cite
Fitriyani, E. L., Tasti Adri, H., & Halim Sudjani, desky. (2022). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(4), 269–283. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6785
Section
Articles

References

Amakae, I. H. (2016). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Saintifik.

Aryoso, D. W., & Hermawan, S. (2013). Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Pustaka Makmur.

Dadi, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Membuat RPP dengan

Menerapkan Model p-ISSN 2442-4544 | e-ISSN 2550-0252 DOI: 10.30997/dt.vxix.xxxx 19

Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vx Nx Bulan 20xx:xx-xx Pembelajaran Project Based Learning pada Perkuliahan Pembelajaran Tematik di PGSD FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 10(1), 47–50.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Intregratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.

https://doi.org/10.24042/terampil. v2i1.1280 Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nuryanis, N. (2017). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN 11 Kota Langsa. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 04. https://ejournal.unsri.ac.id/index.p hp/jisd/article/view/8339

Pess, U. (2020). Buku Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi. Unida Press.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v2 0i2.7173

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2011). Mengembangkan model pembelajaran tematik. PT Prestasi Pustakarya.

Trianto, M. P. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.

Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107–120. https://doi.org/10.21154/cendekia.

v10i1.405