Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara rinci tentang kurikulum pembelajaran tematik, pelaksanaan
pembelajaran tematik dan kendala-kendala dan solusi dalam keterlaksanaan pembelajaran tematik di SDN Cibaregbeg. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan Model analisis dari Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan di sekolah dasar adalah kurikulum 2013, adapun pelaksanaan
pembelajaran tematik kelas I, II, dan III di SDN Cibaregbeg sudah terlaksana, namun belum maksimal, dikarenakan ada kendala-kendala yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tematik seperti kurangnya sumber belajar, terbatasnya sarana dan prasarana, kapasitas siswa di kelas yang terlalu banyak sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang efektif, kurangnya kesadaran guru dalam membuat materi pembelajaran, kurangnya pemahaman peserta didik, Solusi dalam mengatasi kendala pembelajaran tematik yaitu dengan diadakannya workshop, pelatihan dan KKG baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keterlaksanaan pembelajaran tematik akan mudah diterapkan apabila guru memiliki kompetensi sebagai pendidik dan mampu untuk kreatif, inovatif, dan profesional.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Amakae, I. H. (2016). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Saintifik.
Aryoso, D. W., & Hermawan, S. (2013). Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Pustaka Makmur.
Dadi, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Membuat RPP dengan
Menerapkan Model p-ISSN 2442-4544 | e-ISSN 2550-0252 DOI: 10.30997/dt.vxix.xxxx 19
Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vx Nx Bulan 20xx:xx-xx Pembelajaran Project Based Learning pada Perkuliahan Pembelajaran Tematik di PGSD FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, 10(1), 47–50.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Intregratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.
https://doi.org/10.24042/terampil. v2i1.1280 Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nuryanis, N. (2017). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN 11 Kota Langsa. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 04. https://ejournal.unsri.ac.id/index.p hp/jisd/article/view/8339
Pess, U. (2020). Buku Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi. Unida Press.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v2 0i2.7173
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Trianto. (2011). Mengembangkan model pembelajaran tematik. PT Prestasi Pustakarya.
Trianto, M. P. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107–120. https://doi.org/10.21154/cendekia.
v10i1.405