KAJIAN PUSTAKA TEKNIK PENGERINGAN SEMPROT (SPRAY DRYING) UNTUK PENGAWETAN DAN PRODUKSI PROBIOTIK

Main Article Content

Seveline Seveline

Abstract

Penelitian mengenai bakteri asam laktat telah dilakukan sampai sekarang baik dari isolasi dan karakterisasinya sampai bakteri asam laktat yang memiliki potensi sebagai probiotik. Probiotik merupakan produk pangan yang dapat meningkatkan dan menjaga kesetimbangan saluran pencernaan. Untuk dapat bersifat probiotik maka beberapa syarat diperlukan.

Produksi probiotik dengan penggunaan teknik kering semprot merupakan salah satu cara dalam mengawetkan kultur bakteri. Dalam penggunaan teknik pengering semprot ini perlu dititik beratkan pada bahan penyalut, suhu inlet dan outlet serta variabel-variabel lainnya. Proses perubahan dalam teknik pengeringan semprot mengubah fase cairan menjadi fase kering (padatan).

Teknik pengeringan semprot adalah salah satu teknik yang menghasilkan produk yang lebih baik, lebih mudah penanganannya, waktunya lebih singkat, proses produksi yang lebih sederhana dan tentu saja harganya yang relatif lebih murah. Penelitian mengenai bakteri asam laktat telah dilakukan sampai sekarang baik dari isolasi dan karakterisasinya sampai bakteri asam laktat yang memiliki potensi sebagai probiotik. Probiotik merupakan produk pangan yang dapat meningkatkan dan menjaga kesetimbangan saluran pencernaan. Untuk dapat bersifat probiotik maka beberapa syarat diperlukan.

Article Details

Section
Articles