Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Perkalian

Authors

  • Pelita Bayhaqi Alansor Universitas Djuanda
  • Yusuf Safari Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.14826

Keywords:

perkalian, pembelajaran interaktif, video edukasi, media konkret

Abstract

Pemahaman siswa kelas III SD terhadap materi perkalian belum mencapai standar. Hal ini bisa dilihat dari tes diagnostik menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal perkalian.. Metode tradisional belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Peneliti memiliki tujuan yaitu untuk menguji model pembelajaran perkalian interaktif dengan menggunakan metode yang berbeda seperti video pembelajaran, LKS dan beberapa permainan Congklak untuk meningkatkan pemahaman siswa. Metode penelitian dan pengembangan (R&d) digunakan dalam penelitian ini. Informasi hasil sebelum dan sesudah ujian diperoleh dalam bentuk lembar siswa. Pengajar ke rumah siswa kelas 3 SD Negeri Cileungs 01 berpartisipasi dalam penelitian ini. Model pembelajaran dilaksanakan dalam satu pertemuan dengan mengintegrasikan berbagai metode seperti yang telah disebutkan. Nilai rata-rata siswa meningkat antara pretest dan posttest. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perkalian. Model pembelajaran perkalian interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa. Mengintegrasikan metode pembelajaran yang berbeda dapat membuat siswa berpartisipasi lebih aktif dan kontekstual, sehingga meningkatkan pemahaman siswa.

References

Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). TEORI PERKEMBANGAN PIAGET DAN VYGOTSKY : BAGAIMANA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR ? 5(1), 568–582.

Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1297

Astini Ni, W., & Rini Purwati, N. . (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains, IX(1), 1–8.

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1139

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408

Elfiyani, E. (2024). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(3), 187–205. https://doi.org/10.58578/ajecee.v2i3.2989

Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723

Kristina, O., & Permatasari, G. (2021). Jurnal Ilmiah Pedagogy PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH Jurnal Ilmiah Pedagogy. 17(20).

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1235

Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7932

Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.668

Rulyansah, A., Asmarani, R., & Mariati, P. (2021). Peningkatan Creative Thinking melalui Creative Problem-Solving Berorientasi Multiple Intelligence: Kajian pada Bidang Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 109–115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1925

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528

Wiryanto. (2020). 9352-Article Text-28312-2-10-20200709. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 1–8. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/9352/4127

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Alansor, P. B., & Safari, Y. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Perkalian. Karimah Tauhid, 3(10), 11528–11538. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.14826

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>