Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Media Gambar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14423Keywords:
Motivasi, Belajar Matematika, Media GambarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tumbuhnya motivasi belajar matematika dengan menggunakan media visual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi literatur untuk mengungkap fakta mengenai pentingnya motivasi dalam belajar matematika. Motivasi belajar matematika sangat penting untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Penelitian ini mengkaji bagaimana motivasi belajar matematika dapat ditingkatkan melalui penggunaan berbagai media pembelajaran inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran seperti gambar, buku, dan media digital dapat membantu siswa memahami konten lebih mendalam dan meningkatkan semangat belajar matematika. Matematika memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dan erat kaitannya dengan bidang ilmu pengetahuan, sehingga penting untuk meningkatkan motivasi belajar matematika di sekolah dasar. Dengan menggunakan berbagai media pembelajaran inovatif, guru dapat menciptakan situasi belajar yang bermanfaat dan memotivasi siswa untuk belajar matematika dengan lebih baik.
References
Ar-raniry, U. I. N. (2015). TEORI-TEORI MOTIVASI. 1(83), 1–11.
Arifin, A. Z., & Ismaya, E. A. (2024). Keefektifan Belajar dalam Pembelajaran IPS Melalui Strategi Role Playing pada Siswa Kelas VI SDN Purwosari 01. Jurnal Pendidikan Tambusai , 8(1), 336-340.
Harahap, M. S., Hardiyanto, S., & Hidayat, F. P. (2021). Pengenalan Media Belajar Online di Masa Pandemi Covid 19 Pada Anak Usia Sekolah Kampung Sejahtera Kota Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 144–149. https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7145
Hasmawati, H., Usman, U., & Ahsan. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENJUMLAH BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR LUAS DAERAH DI KELAS VII MTs.N 1 ENREKANG. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(1), 17–32. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3259
Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515
Hudoyo, H. (2003). Herman Hudoyo,. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika, 123.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kunci, K. (2022). Zuyyina Isnaina, Muhamad Reizal Muhaimin, Wulan Sutriyani. 09(1), 38–50.
Netriwati, M.Pd & Mai Sri Lena, M. P. (2017). Media Pembelajaran Matematika Manipulatif. Media Pembelajaran Matematika Manipulatif, 1(May), 156.
Rahmaini, N., & Ogylva Chandra, S. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420
Ratiwi, R. (2017). the Development of Physics Module Based on Learning Cycle (Learning Cycle) To Improve Motivation and Physics’S Learning Outcomes of Senior High School Student. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(3), 273–284. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/5948
Solichin, M. M. (2006). Belajar Dan Mengajar Dalam Pandangan Al-Ghazâlî. Tadris, 1(2), 139.
Sunilawati, N. M., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad kemampuan numerik siswa kelas IV SD. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Wahyudi, W., Suyitno, H., & Waluya, S. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2315
Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.
寺嶋, 浩介; 林朋美. (2006). No Titleルーブリックの構築により自己評価を促す問題解決学習 の開発.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusuf Safari, Aulia Rahmnia Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.