Langkah-langkah Partisipasi Guru dalam Pendekatan Pembelajaran Aktif di Muslimeen Suksa School, Thailand

Authors

  • Siti Nurdiniah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14890

Keywords:

Partisipasi Guru, Pendekatan Pembelajaran Aktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis langkah-langkah partisipasi guru dalam pendekatan pembelajaran aktif di Sekolah Muslimeen Suksa, serta mengevaluasi dampaknya terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dengan enam guru kelas serta studi literatur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di Sekolah Muslimeen Suksa secara aktif menggunakan berbagai media pembelajaran, seperti animasi kartun dan alat desain grafis Canva, untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa. Guru juga mengintegrasikan media pendidikan, seperti video PowerPoint yang dilengkapi dengan program Canva, untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih kaya dan interaktif. Selain itu, pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa diterapkan secara konsisten, di mana guru berperan sebagai fasilitator yang mendukung dan membimbing siswa dalam menemukan pengetahuan secara mandiri. Penerapan metode ini mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran melalui diskusi kelompok, proyek kolaboratif, dan presentasi kelas. Penggunaan media pembelajaran interaktif terbukti meningkatkan kualitas pembelajaran, memfasilitasi pemahaman konsep yang lebih mendalam, dan memori jangka panjang siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa kondisi pembelajaran yang interaktif, yang melibatkan komunikasi dua arah, diskusi kelompok, dan kerja kolaboratif, dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan bermakna. Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran aktif meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Hasil penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai strategi efektif dalam pendekatan pembelajaran aktif, serta peran penting guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan interaktif.

References

Abdullah, AS (2017). Etnomatematika

dalam perspektif budaya Sunda. Jurnal Pendidikan Matematika , 8 (1), 1-16.

Fajri, NR, Rusiyanto, R., Widodo, RD,

Sumbodo, W., & Fitriyana, DF (2021). Pengaruh thermal shock dan komposisi evaporation boat, semen tahan api, dan pasir silika terhadap kekuatan impact dan foto makro lapisan refraktori. Jurnal Rekayasa Mesin , 12 (1), 11-17.

Anggraeni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti,

N. L. P. M. (2013). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D.,

& Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh

pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1-12.

Arifin, S., Wahyudin, W., & Herman, T.

(2020). Pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing kelompok kontekstual terhadap pemahaman dan penalaran matematika

Budiana, I. (2022). Menjadi guru profesional

di era digital. JIEBAR: Jurnal Pendidikan Islam: Penelitian Dasar dan Terapan, 2(2), 144-161.

Fajri, I., Yusuf, R., & Yusoff, M. Z. M. (2021). Model pembelajaran project citizen sebagai inovasi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 105-118.

Hidayat, C., & Juniar, D. T. (2020). Strategi

Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Deepublish.

Maesaroh, S., & Purnamasari, V. (2023).

Penggunaan media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi dan perubahannya kelas 3A. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4380-4389.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F.,

& Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Dosen: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan metode

studi kasus YIN dalam penelitian arsitektur dan perilaku. INERSIA: Informasi dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 92-104.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru

sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49-54.

Rozie, F., & Pratikno, A. S. (2023). Media

Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Rena Cipta Mandiri.

Sulistriani, J. S., Santoso, J., & Oktaviani, S.

(2021). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JouESE), 1(2), 57-68.

Suryani, Y. (2024). E-LKM Berbasis PJBL

Terintegrasi Etno-STEM pada Materi IPA dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan pada Mahasiswa. Harmoni Media dan Metode dalam Pembelajaran IPA, 99.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020).

Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.

Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R.

(2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090-2096.

Ulfah, A. K., Razali, R., Rahman, H., Ghofur, A.,

Bukhory, U., Wahyuningrum, S. R., & Muqoddam, F. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset dan Pengembangan). IAIN Madura Press.

Warsono, H., & Muliawat, N. N. (2013).

Pembelajaran aktif: Teori dan asesmen; cetakan kedua. PT Remaja Rosdakarya.

Zain, A. A., & Pratiwi, W. (2021). Analisis

Kebutuhan Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 75-â.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Nurdiniah, S. (2024). Langkah-langkah Partisipasi Guru dalam Pendekatan Pembelajaran Aktif di Muslimeen Suksa School, Thailand. Karimah Tauhid, 3(8), 8581–8598. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14890
Abstract viewed = 6 times