Mendiagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak SD : Faktor dan Strategi

Authors

  • Yusuf Safari Universitas Djuanda
  • Allya Esa putri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14246

Keywords:

Kesulitan belajar, Matematika, Strategi

Abstract

Indonesia memasukkan matematika ke dalam kurikulum pendidikan dasar. Namun, beberapa siswa SD kesulitan memahami konsep matematika yang diajarkan. Anak-anak dapat menjadi frustrasi, tidak tertarik, dan bahkan menjadi tidak termotivasi untuk belajar jika matematika menjadi sulit. Oleh karena itu, untuk memberikan bantuan yang tepat dan efektif, penting untuk memahami dan mengidentifikasi masalah belajar matematika anak-anak di sekolah dasar. Penelitian ini menemukan tanda-tanda utama kesulitan belajar matematika, termasuk kesulitan memahami konsep dasar, mengingat fakta matematika, dan menerapkan prosedur perhitungan. Dan didalam penelitian menunjukkan bahwa kerja sama antara orang tua, guru, dan ahli pendidikan sangat penting untuk diagnosis dan penanganan. Singkatnya, anak-anak SD yang mengalami kesulitan belajar dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan matematika mereka dan mendukung perkembangan akademik mereka secara keseluruhan dengan mendeteksi dan menerapkan strategi bantuan yang tepat sejak awal. Artikel ini juga menekankan pentingnya deteksi dini dalam mencegah efek jangka panjang terhadap perkembangan kognitif dan prestasi akademik anak. Untuk menemukan masalah khusus yang dialami anak, berbagai teknik evaluasi, termasuk observasi perilaku dan tes diagnostik terstandar, dibahas. Menyarankan metode bantuan yang berguna, seperti metode pembelajaran multisensori, penggunaan teknologi dalam pendidikan, dan program intervensi individual.

References

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773

Asnawi, K. U., Konghoiro, I., Kartasasmita, S., Subroto, U., Pautina, A. R., Nor Shafrin, A., Ibad, I. D. I., Ratu, B., Literate, S., Indonesia, J. I., Fathadhika, S., Afriani, -, & Widuri, E. L. (2018). Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Universitas Negeri Yogyakarta, 3(1), 57–66. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23587%0Ahttp://jurnal.unpad.ac.id/jpsp/article/view/18741%0Ahttp://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/download/3349/2385%0Ahttps://dachun91.wordpress.com/2012/03/13/terapi-psikol

Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079

Duskri, M., Kumaidi, K., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Di Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2123

Fadhillah, Nisrina, & Wahyu Wicaksono, J. (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Samahani. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 121–126.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Novitasari, A., & Fathoni, A. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5969–5975. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3168

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 266–267.

Prasetyawan, D. G. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Congkrang 1 Muntilan Magelang. Basic Education, 5(26), 2-481-2.488. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/4707

Siregar, K., Nur, L., Dayanti, N., Rahmawati, S., Parapat, S. H., Nuri, A., Syahputra, A., Jl, A., Iskandar, W., Estate, M., Percut, K., Tuan, S., Serdang, K. D., & Utara, S. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa MI / SD Universitas Islam Negeri Sumatera Utara belajar siswa tidak selalu berjalan lancar dan sukses . Siswa mengalami kecacatan dan kesulitan. 2(1).

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Safari, Y., & putri, A. E. (2024). Mendiagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak SD : Faktor dan Strategi. Karimah Tauhid, 3(8), 8417–8426. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14246
Abstract viewed = 4 times

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.