Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14668Keywords:
Matematika, Pembelajaran, Karakteristik Siswa, Sekolah dasar, Strategi pembelajaranAbstract
Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar memerlukan strategi yang memperhatikan karakteristik kognitif, emosional, dan sosial siswa. Keterampilan matematis pada usia ini merupakan fondasi penting pengembangan dalam pemahaman konsep matematika di masa depan yang lebih kompleks. Untuk mencapai tujuan ini, penting bagi pendidik untuk mengadaptasi strategi pembelajaran yang memenuhi persyaratan individual peserta didik. Studi ini mengidentifikasi beberapa karakteristik utama siswa sekolah dasar yang mempengaruhi pembelajaran matematika, seperti kemampuan kognitif yang berkembang, kecenderungan terhadap pembelajaran visual atau kinestetik, dan tingkat kepercayaan diri dalam menyelesaikan masalah matematis.Berdasarkan karakteristik ini, berbagai strategi pembelajaran dapat diterapkan, termasuk penggunaan manipulatif matematika, pendekatan berbasis cerita, dan diferensiasi instruksional untuk mengakomodasi tingkat pemahaman dan kecepatan belajar yang berbeda.
References
Almadani & , Setiabudi. (2022). PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN LITERATUR HARIAN. Jurnal Riset sosial humaniora, dan pendidikan, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i1.72
Anwar, Z. (2012). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 5.
Arniah, A., Rifa’I, A., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8626–8634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3843
Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(2), 27–35. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i2.368
Asriati, N. (n.d.). MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.
Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar.
Astini, N. W., & Rini purwati, ni kadek. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3742749
Datunsolang, R., Sidik, F., & Erwinsyah, A. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 2(2), 181–197. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.159
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325–330. https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12071
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. MANAZHIM, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.18-23
Lestari, W. (n.d.). EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA.
Prabowo, C. A., & Widodo, W. (2018). Mengukur Tingkat Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar dalam Bidang Sains menggunakan Tes Kemampuan Penalaran Ilmiah. C. A., 15.
Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. EL-Ghiroh, 16(01), 1–13. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71
Wardarita, R. (2020). PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusuf Safari, Siti Aidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.