Pengaruh Teknologi Terhadap Psikologi Perkembangan Anak

Authors

  • Neng Diva Sabila Universitas Djuanda
  • Siti Aidah Universitas Djuanda
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14646

Keywords:

Pengaruh, Psikologi, Perkembangan, Teknologi

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh teknologi terhadap perkembangan psikologis anak. Teknologi telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari anak-anak, mulai dari televisi hingga komputer, tablet, dan ponsel pintar. Penggunaan teknologi ini memiliki dampak positif dan negatif bagi perkembangan jiwa anak. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak positif dan negatif penggunaan teknologi terhadap perkembangan psikologis anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Data dikumpulkan dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan artikel terkait. Teknologi memberikan kemudahan dalam mencari informasi, berkomunikasi, dan memperluas jangkauan. Namun, penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menyebabkan anak kurang bersosialisasi, tidak memahami sopan santun, dan cenderung terisolasi dari lingkungan sosial. Selain itu, teknologi juga dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku anak. Teknologi memiliki dampak positif dan negatif terhadap perkembangan psikologis anak. Orang tua dan pendidik perlu bijaksana dalam mendampingi penggunaan teknologi oleh anak-anak agar dapat memberikan manfaat optimal bagi perkembangan mereka.

References

Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(09), 837–849. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i09.1159

Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22

Denney & Tewksbury. (2013). metode literature review. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Gusnita, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Anak (Studi Kasus Gampong Panteriek). 1. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21447

HIdayah, R. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa melalui Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di SDN Surokarsan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 5(8), 477–486.

Lestari, U., Tusyana, E., Andrean, S., Gadget, D., Psikologi, P., & Dasar, S. (2023). Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/tarbiyahjurnal

Mau, B., & Gabriela, J. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 5(1), 99–110. https://doi.org/10.51730/ed.v5i1.70

Mauladina, I., & Giantara, F. (2020). Kreativitas Siswa Dalam Penggunaan Gadget Pada Pembelajaran PAI Di Masa Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 218–226. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.153

Purwaningtyas, F. D., Septiana, Y., Aprilia, H., & Candra, G. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.84

Ratnawati, V., Setyawati, S. P., Ningsih, R., & Karuniawati, A. (2023). Pemanfaatan Gawai sebagai Media Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa SD. Open Community Service Journal, 2(1), 17–26.

Regiani, E., Dwiputri, F. A., Amaliyah, S., & Herlambang, Y. T. (2023). Dampak Penggunaan Teknologi Internet terhadap Perkembangan Kognitif dan Perilaku Anak dalam Keluarga. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2888–2899. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.666

Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DASAR. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 25.

Sawitri, Y., Yannaty, I. A., Widyastika, S. I., Harumsih, T. D., & Musyarofah, H. F. (2019). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Seminar Nasional: “Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal, 1(4), 691–697. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/108

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Syamsul Huda, Devy Habibi Muhammad, A. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi Anak di Desa Kramat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1–7.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Diva Sabila, N. ., Aidah, S., & Laeli, S. (2024). Pengaruh Teknologi Terhadap Psikologi Perkembangan Anak. Karimah Tauhid, 3(8), 9327–9334. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14646
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>