Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Community Languange Learning, Total Physical Response Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hasna Dwi Rahmawati Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14166

Keywords:

kecakapan berbahasa Inggris, Metode Community Languange Learning, Metode Total Physical Response

Abstract

Bahasa merupakan alat berpikir manusia dan sumber pertama pemahaman dan pengetahuan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa memperoleh keterampilan bahasa dan komunikasi yang baik dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan. Data dikumpulkan melalui data tinjauan pustaka dan observasi. Studi literatur melibatkan pengumpulan dan analisis data dari teori-teori sebelumnya seperti artikel, buku, esai dan observasi kelas. Hasil penelitian dapat diperoleh dari dua metode pembelajaran bahasa inggris yaitu, Community Languange Learning (CLL), dan Total Physical Response (TPR). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kedua metode tersebut sangat penting sehingga siswa mampu memahami pembelajaran. Untuk pembelajaran Bahasa inggris siswa dan kedua metode tersebut mempunyai tujuan. Oleh karena itu, membantu siswa memperoleh keterampilan berbahasa yang baik dan komunikasi mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

References

Budiharto, R. A., & Syahroni, A. W. (2020). Pendampingan Pemanfaatan Duolingo melalui Smartphone Sebagai Alat Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Masyarakat. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 339–346. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.374

Ekowijayanto, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Materi Pembelajaran Remedial Melalui Metode Community Language Learning (Cll). 3(1). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia

Febriyanti, R. H. (2017). Penggunaan Metode Communicative Language Teaching Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Pada Guru Tutor Di Bimbingan Belajar. In Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 4).

Hafidah, H. (2012). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif (Metode Suggestopedia dan Metode Community Language Learning).

Hanum, S., & Rahmawati, R. (2019). Implementasi Pendekatan Fungsional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Community Language Learning. In LISANUNA (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/ls.v9i2.6750

Harsono, E. V., Sholiha, N., Fazriah, S., Sary, F., Alvia F, D. S., Damayanti, A., Wardhani, A. K., Dohamid, M. T. G., Risyanthi, A., & Dewi, I. C. (2023). Pemanfaatan Animasi untuk Melatih Siswa Sekolah Dasar MI Sirojul Athfal dalam Menggunakan Present Progressive Tense. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 473–482. https://doi.org/10.54082/jamsi.689

Karyati, A. (2018). Metode pengajaran TPR dalam pembelajaran matakuliah "tatabahasa/bunpou. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/wahana.v24i1.891

Kosim, N., & Gusmiati, A. (2018). Implementasi Community Language Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. In Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jpba.v2i2.9560

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta Dharmawangsa. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207

Maili, S. N. (2022). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu Dan Mengapa Dipersoalkan. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 6. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/judika.v6i1.1203

Maili, S. N. N., Pipiet, M., & Ayu, D. mutiara indah. (2022). Pemberian Kosakata dalam Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Total Physical Response dan Lagu pada Siswa-Siswa Pondok Pesantren Pengasinan Depok (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/bac.v1i1.14887

Nasution, S. (2016). Pentingnya Pendidikan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.198

Nasution, S. (2018). Penggunaan Bahasa Inggris Secara Maksimal Untuk Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) 2025. In Jurnal Bisnis Net (Vol. 1, Issue 1).

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa.

Nuresa, S. A., Sya, M. F., & Muhdiyati, I. (2023). Circ Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Alphabet Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 40–49. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6404

Nursyamsiah, E. (2021). Penggunaan Media Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy, 8(1), 67. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3251

Qoriah, D., & Farisya, G. (2022). Communicative Language Teaching (Clt) Method Combined with Total Physical Response (Tpr) Method on Upgrading Communication Skill on English Laboratory. Journal Civics and Social Studies, 6(2), 120–129. https://doi.org/10.31980/civicos.v6i2.2319

Sari, L., & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0.

Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi metode total physical response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar inpres Liliba Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Rahmawati, H. D., & Sya, M. F. (2024). Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Community Languange Learning, Total Physical Response Pada Siswa Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 3(7), 7781–7787. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14166

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>