Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Community Languange Learning, Total Physical Response Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14166Keywords:
kecakapan berbahasa Inggris, Metode Community Languange Learning, Metode Total Physical ResponseAbstract
Bahasa merupakan alat berpikir manusia dan sumber pertama pemahaman dan pengetahuan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa memperoleh keterampilan bahasa dan komunikasi yang baik dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan. Data dikumpulkan melalui data tinjauan pustaka dan observasi. Studi literatur melibatkan pengumpulan dan analisis data dari teori-teori sebelumnya seperti artikel, buku, esai dan observasi kelas. Hasil penelitian dapat diperoleh dari dua metode pembelajaran bahasa inggris yaitu, Community Languange Learning (CLL), dan Total Physical Response (TPR). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kedua metode tersebut sangat penting sehingga siswa mampu memahami pembelajaran. Untuk pembelajaran Bahasa inggris siswa dan kedua metode tersebut mempunyai tujuan. Oleh karena itu, membantu siswa memperoleh keterampilan berbahasa yang baik dan komunikasi mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa yang akan datang.
References
Budiharto, R. A., & Syahroni, A. W. (2020). Pendampingan Pemanfaatan Duolingo melalui Smartphone Sebagai Alat Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Masyarakat. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 339–346. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.374
Ekowijayanto, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Materi Pembelajaran Remedial Melalui Metode Community Language Learning (Cll). 3(1). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia
Febriyanti, R. H. (2017). Penggunaan Metode Communicative Language Teaching Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Pada Guru Tutor Di Bimbingan Belajar. In Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 4).
Hafidah, H. (2012). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif (Metode Suggestopedia dan Metode Community Language Learning).
Hanum, S., & Rahmawati, R. (2019). Implementasi Pendekatan Fungsional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Community Language Learning. In LISANUNA (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/ls.v9i2.6750
Harsono, E. V., Sholiha, N., Fazriah, S., Sary, F., Alvia F, D. S., Damayanti, A., Wardhani, A. K., Dohamid, M. T. G., Risyanthi, A., & Dewi, I. C. (2023). Pemanfaatan Animasi untuk Melatih Siswa Sekolah Dasar MI Sirojul Athfal dalam Menggunakan Present Progressive Tense. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 473–482. https://doi.org/10.54082/jamsi.689
Karyati, A. (2018). Metode pengajaran TPR dalam pembelajaran matakuliah "tatabahasa/bunpou. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/wahana.v24i1.891
Kosim, N., & Gusmiati, A. (2018). Implementasi Community Language Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. In Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jpba.v2i2.9560
Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta Dharmawangsa. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207
Maili, S. N. (2022). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu Dan Mengapa Dipersoalkan. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 6. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/judika.v6i1.1203
Maili, S. N. N., Pipiet, M., & Ayu, D. mutiara indah. (2022). Pemberian Kosakata dalam Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Total Physical Response dan Lagu pada Siswa-Siswa Pondok Pesantren Pengasinan Depok (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/bac.v1i1.14887
Nasution, S. (2016). Pentingnya Pendidikan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.198
Nasution, S. (2018). Penggunaan Bahasa Inggris Secara Maksimal Untuk Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) 2025. In Jurnal Bisnis Net (Vol. 1, Issue 1).
Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa.
Nuresa, S. A., Sya, M. F., & Muhdiyati, I. (2023). Circ Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Alphabet Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 40–49. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6404
Nursyamsiah, E. (2021). Penggunaan Media Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy, 8(1), 67. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3251
Qoriah, D., & Farisya, G. (2022). Communicative Language Teaching (Clt) Method Combined with Total Physical Response (Tpr) Method on Upgrading Communication Skill on English Laboratory. Journal Civics and Social Studies, 6(2), 120–129. https://doi.org/10.31980/civicos.v6i2.2319
Sari, L., & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0.
Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi metode total physical response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar inpres Liliba Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen.
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hasna Dwi Rahmawati, Mega Febriani Sya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.