Analisis Pemerolehan Bahasa Kedua Siswa Kelas 1 di Pittyaphat Suksa School Thailand

Main Article Content

Muhammad Ridwan
Mega Febriani Sya
Abdul Kholik

Abstract

Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat digunakan oleh manusia  untuk berinteraksi  dan juga  belajar. Pada era globalisasi bahasa Inggris sangat fundamental bagi kehidupan manusia, dimana bahasa Inggris menjadi alat komunikasi yang digunakan untuk saling berhubungan antar negara di seluruh dunia. Pemerolehan bahasa merupakan hasil usaha seseorang untuk mengetahui dan memahami bahasa. Agar bahasa kedua dapat kuasai, seseorang harus memperolehnya dengan cara mempelajari bahasa tersebut. Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  pemerolehan bahasa  kedua  yang  diperoleh oleh  siswa kelas 1 di Pittayaphat Suksa School Thailand. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian bahwa pemerolehan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua berhasil karena sebagian besar siswa kelas 1 dapat melafalkan bahasa kedua dengan cukup baik. Walaupun masih ada dominasi penggunaan bahasa pertama ketika pembelajaran di dalam kelas maupun saat kegiatan di luar kelas berlangsung

Article Details

How to Cite
Ridwan, M., Sya, M. F. ., & Kholik, A. (2024). Analisis Pemerolehan Bahasa Kedua Siswa Kelas 1 di Pittyaphat Suksa School Thailand. Karimah Tauhid, 3(2), 1783–1790. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11909
Section
Articles

References

Batubara, H. (2021). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak. KODE: Jurnal Bahasa, 10, 164–173.

Dimara, J. (2022). Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Kehidupan Sehari-hari Di Kelurahan Kalibobo Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Wiyata Cederawasih, 1(1), 41–45.

Fauziah, S. P., Suherman, I., Sya, M. F., Roestamy, M., Anduh, A., & Nandianto, A. B. D. (2021). Strategies in Language Education to Improve Science Student Understanding during Practicum in Laboratory: Review and Computational Bibliometric Analysis. International Journal of Language Education, 5(4), 409–425.

Hikam, A. I. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Kasus Terhadap Anak bernama Elwa di Perumahan Alam Sari). Jurnal Sandhyakala, 3(1), 52–62.

Minkhatunnakhriyah, M., Fahriany, F., & Albiansyah, A. (2021). Analisis Penggunaan Tata Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa Kedua Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Thailand. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 17(1), 34–44. https://doi.org/10.33633/lite.v17i1.4417

Munibi, A. Z. (2023). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 691–698. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4732

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Meyniar Albina, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV. Harga Creative.

Rahmah, A. M. (2022). Pemerolehan Bahasa Kedua (Bahasa Inggris) Pada Anak Usia 5 Tahun Melalui Media Youtube. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 1(1), 1–7. https://ejurnal.universitasadzkia.ac.id/index

Rosiyana. (2020). Pengajaran Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 374–382. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13839

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.

Zainal, A. G., Risnawaty, R., Isyaku, H., Rt. Bai, R., & Sya, M. F. (2022). The Comparative Effect of Using Original Short Stories and Local Short Stories as Two Types of Cultural Sources on Indonesian EFL Learners’ Reading Comprehension. International Journal of Society, Culture and Language, 10(1), 143–152. https://doi.org/10.22034/ijscl.2021.247370

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>