Analisis Pemerolehan Bahasa Kedua Siswa Kelas 1 di Pittyaphat Suksa School Thailand
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11909Keywords:
Pemerolehan bahasa kedua, bahasa inggris, siswa kelas 1Abstract
Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat digunakan oleh manusia untuk berinteraksi dan juga belajar. Pada era globalisasi bahasa Inggris sangat fundamental bagi kehidupan manusia, dimana bahasa Inggris menjadi alat komunikasi yang digunakan untuk saling berhubungan antar negara di seluruh dunia. Pemerolehan bahasa merupakan hasil usaha seseorang untuk mengetahui dan memahami bahasa. Agar bahasa kedua dapat kuasai, seseorang harus memperolehnya dengan cara mempelajari bahasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan bahasa kedua yang diperoleh oleh siswa kelas 1 di Pittayaphat Suksa School Thailand. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian bahwa pemerolehan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua berhasil karena sebagian besar siswa kelas 1 dapat melafalkan bahasa kedua dengan cukup baik. Walaupun masih ada dominasi penggunaan bahasa pertama ketika pembelajaran di dalam kelas maupun saat kegiatan di luar kelas berlangsung
References
Batubara, H. (2021). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak. KODE: Jurnal Bahasa, 10, 164–173.
Dimara, J. (2022). Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Kehidupan Sehari-hari Di Kelurahan Kalibobo Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Wiyata Cederawasih, 1(1), 41–45.
Fauziah, S. P., Suherman, I., Sya, M. F., Roestamy, M., Anduh, A., & Nandianto, A. B. D. (2021). Strategies in Language Education to Improve Science Student Understanding during Practicum in Laboratory: Review and Computational Bibliometric Analysis. International Journal of Language Education, 5(4), 409–425.
Hikam, A. I. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Kasus Terhadap Anak bernama Elwa di Perumahan Alam Sari). Jurnal Sandhyakala, 3(1), 52–62.
Minkhatunnakhriyah, M., Fahriany, F., & Albiansyah, A. (2021). Analisis Penggunaan Tata Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa Kedua Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Thailand. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 17(1), 34–44. https://doi.org/10.33633/lite.v17i1.4417
Munibi, A. Z. (2023). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 691–698. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4732
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Meyniar Albina, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV. Harga Creative.
Rahmah, A. M. (2022). Pemerolehan Bahasa Kedua (Bahasa Inggris) Pada Anak Usia 5 Tahun Melalui Media Youtube. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 1(1), 1–7. https://ejurnal.universitasadzkia.ac.id/index
Rosiyana. (2020). Pengajaran Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 374–382. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13839
Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.
Zainal, A. G., Risnawaty, R., Isyaku, H., Rt. Bai, R., & Sya, M. F. (2022). The Comparative Effect of Using Original Short Stories and Local Short Stories as Two Types of Cultural Sources on Indonesian EFL Learners’ Reading Comprehension. International Journal of Society, Culture and Language, 10(1), 143–152. https://doi.org/10.22034/ijscl.2021.247370
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ridwan, Mega Febriani Sya, Abdul Kholik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.