INOVASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI BIMBA AIUEO

Main Article Content

Wida Oktaviani
Mega Febriani Sya

Abstract

Proses pembelajaran anak usia dini harus dilaksanakan sesuai dengan tahap perkembangannya, dimana aktivitas bermain menjadi kebutuhan anak yang tidak bisa dipisahkan, karena bermain merupakan satu sarana penting bagi perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak, karena belajar anak adalah bermain. Oleh karena itu pendidik perlu mengadakan pembaruan dalam sebuah pembelajaran dan harus mampu untuk menciptakan pembelajaran kreatif dan inovatif yang disesuaikan dengan perkembangan anak terkhusus dalam jenjang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan tujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran pendidikan anak usia dini di biMBA AIUEO. Hasil dari penelitian  ditemukan bahwa latar belakang lahirnya inovasi kurikulum revolusi belajar biMBA AIUEO adalah agar anak di usia dini dapat memenuhi keleluasaan bermain sambil belajar namun tidak menghilangkan haknya. Metode pembelajaran serta media pembelajaran yang dibuat biMBA lahir dari perspektif terhadap bagaimana pola atau model dalam menumbuhkan minat belajar pada anak usia dini.  Dalam menumbuhkan minat baca anak, biMBA AIUEO mempunyai inovasi atau keistimewaan yang tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan lainnya yaitu terdapat empat metode pembelajaran dengan tiga metode utama dan satu metode penunjang diantaranya fun learning, small step system, individual system dan variation skill.

Article Details

How to Cite
Oktaviani, W., & Sya, M. F. . (2024). INOVASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI BIMBA AIUEO. Karimah Tauhid, 2(2). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7912
Section
Articles

References

Azahra, L., Sitika, A. J., & Fauziah, D. N. (2022). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar dalam Menumbuhkan Minat Baca pada Anak di BiMBA AIUEO Margahayu Bekasi Timur. ISLAMIKA, 4(3), Art. 3. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1975

Holisoh, S., Halilah, D., Fitria, R., Pitriyani, A., Suci, A. D., Zahroh, F. A., & Widjayatri, R. D. (t.t.). Pengaruh Penggunaan Kartu Kata terhadap Kemampuan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1), Art. 1.

Humaira, M. A., Sudjani, D. H., Sya, M. F., Indra, S., Syamsudin, D., & Rusli, R. K. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), Art. 3. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16315

Inayah, L. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CALISTUNG DENGAN METODE FUN LEARNING PADA ANAK USIA DINI DI BIMBEL ALIFBATA YOGYAKARTA. Research in Early Childhood Education and Parenting, 2(2), Art. 2. https://ejournal.upi.edu/index.php/RECEP/article/view/35537

Junita, R., & Putrie, C. A. R. (2021). Upaya Pengenalan Warna Dengan Menggunakan Media Permainan Kartu Warna Pada Anak Bimba AIUEO Graha Kalimas 4 Tambun. Research and Development Journal of Education, 7(2), Art. 2. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11241

Meha, N., & Hengelina, H. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI BIMBA AIUEO UNIT ALINDA BEKASI UTARA. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.24853/yby.1.1.21-26

Ngilmiyah, R. (2022). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini di KB Rumah Kreatif Wadas Karangklesem Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2021). Perkembanagn Bidang Audiotori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805–813. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Pangestu, F. G., Suri, G. E., Fitri, M., Dewi, P. A., & Widjayatri, R. D. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN FUN LEARNING di biMBA AIUEO DI KOTA CILEGON. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.991

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Sevik, V. A., Musa, S., & Sutarjo, S. (2022a). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SMALL STEP SYSTEM DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI LEMBAGA biMBA AIUEO (Studi Kasus di biMBA AIUEO Nagasari Kabupaten Karawang). Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 7(1), Art. 1. https://doi.org/10.30870/e-plus.v7i1.15299

Sevik, V. A., Musa, S., & Sutarjo, S. (2022b). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SMALL STEP SYSTEM DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI LEMBAGA biMBA AIUEO (Studi Kasus di biMBA AIUEO Nagasari Kabupaten Karawang). Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 7(1), Art. 1. https://doi.org/10.30870/e-plus.v7i1.15299

Susanti, S. M., Henny, H., & Marwah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), Art. 2.

Sya, M. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1, 29. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i1.2597

Tim Diklat, biMBA A. (2021). Buku Panduan biMBA AIUEO.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>