Pengaruh Perilaku Phubbing Terhadap Komunikasi Interpersonal di Kalangan Mahasiswa Universitas Djuanda Angkatan 2020

Authors

  • Luthfiah Hayati Sigalingging Universitas Djuanda
  • Koesworo Setiawan Universitas Djuanda
  • Agustina Multi Purnomo Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13978

Keywords:

Perilaku Phubbing, Komunikasi Interpersonal, Nomophobia, Dukungan Sosial

Abstract

Dalam era digital, penggunaan teknologi, terutama smartphone dan internet, telah meluas di Indonesia, memberikan dampak positif seperti kemudahan berkomunikasi dan akses informasi global, namun juga memunculkan dampak negatif terhadap perilaku interaksi sehari-hari. Salah satu dampak negatif ini adalah "phubbing" (phone snubbing), yaitu perilaku di mana seseorang terus-menerus terpaku pada smartphone mereka, bahkan dalam situasi sosial atau akademis yang membutuhkan interaksi langsung. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku phubbing, komunikasi interpersonal, dan bagaimana phubbing mempengaruhi komunikasi interpersonal di kalangan mahasiswa Universitas Djuanda pada tahun 2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kuantitatif dan melibatkan populasi mahasiswa Universitas Djuanda angkatan 2020 sebanyak 1.371 orang dari berbagai jurusan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku phubbing pada mahasiswa Universitas Djuanda cenderung kurang baik, mencerminkan ketergantungan pada smartphone yang menyebabkan mereka lebih fokus pada perangkat mereka daripada berinteraksi secara langsung dengan orang lain, sementara komunikasi interpersonal tergolong baik dengan mayoritas mahasiswa menunjukkan dukungan satu sama lain, namun terdapat juga keraguan terhadap komunikasi interpersonal, dan perilaku phubbing berpengaruh signifikan pada komunikasi interpersonal.

References

Adha, A. B., & Shabrina, A. (2023). Pengaruh perilaku phubbing terhadap komunikasi interpersonal orang tua dan anak pada generasi z di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 10(6), 4516–4526.

Alfadila, M., Setiawan, K., & Purnomo, A. M. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Instagram@ Desawisatabatulayang Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan. Karimah Tauhid, 2, 2660–2667. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/10724%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/10724/4356

Ang, C.-S., Teo, K.-M., Ong, Y.-L., & Siak, S.-L. (2019). Investigation of a Preliminary Mixed Method of Phubbing and Social Connectedness in Adolescents. Addiction & Health, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.22122/ahj.v11i1.539

Laelah, N. A., & Aeni, M. H. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa. Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya Dan Islam, 2(2). https://doi.org/10.15408/virtu.vxxx.xxxxx

Purnomo, Agustina M. (2021). Development of Local Food in Tourism for Supporting Sustainable Indonesia Tourism Development. 104–109. https://doi.org/10.5220/0010003301040109

Purnomo, Agustina Multi. (2022). Social Factors and Social Media Usage Activities on Customer Path 5A Continuity Due to E-Marketing Communication. International Journal of Social Science and Business, 7(1), 11–24. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i1.46701

Purnomo, Agustina Multi, Pratidina, G., & Setiawan, M. F. (2022). Komunikasi Pemasaran Perusahaan Pascapandemi: Studi Respon Pelanggan Terhadap Pesan Di Instagram Corporate Postpandemic Marketing Communication: Study of Customer Response To Messages on Instagram. Jurnal Komunikatio, 8(2), 103–112.

Putri, S. R., & Rina, N. (2023). Pengaruh Perilaku Phubbing Terhadap Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Pada Usia Remaja Di SMA BPI 1 Bandung. E-Proceeding of Management, 10(6), 3194–3204.

Reza, F. I. (2019). Dimensions of Phubbing Among Moslem Adolescents in Revolution Industry 4.0: Perspective Mental Health. 62–70. https://doi.org/10.32698/25259

Sari, I. P., Ifdil, I., & Yendi, F. M. (2020). Konsep Nomophobia pada Remaja Generasi Z. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(1), 21. https://doi.org/10.29210/3003414000

Suyanto, A. P., Purnomo, A. M., & Sukarelawati. (2024). Pengaruh Pesan Website Tentang Rekayasa Lalu Lintas Terhadap Sikap Pengendara Pada Cyber Public Relations Pemerintah Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(3), 3088–3102. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12357

Syaiful Anam, Husna Nashihin, Akbar Taufik, Mubarok, Irfan Arsid, Sri Jumini, Muhammd Irpan, Nurhab, Solehudin, Nurul Eko Widiyasti, Yulius, & Luturmas. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, Dan R&D).

Syifa, A. (2020). Intensitas Penggunaan Smartphone, Prokrastinasi Akademik, Dan Perilaku Phubbing Mahasiswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 83. Https://Doi.Org/10.25273/Counsellia.V10i1.6309

Thoha, Miftah, (2015). Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tinggi, I. S., & Trisakti, P. (N.D.). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Resepsionis Di Qunci Villas Hotel, Lombok-Ntb.

Wiratna Sujarweni. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Yani Balaka, M., & Abyan, F. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Www.Penerbitwidina.Com

Yildirim, C., & Correia, A. P. (2015). Exploring the dimensions of nomophobia: Development and validation of a self-reported questionnaire. Computers in Human Behavior, 49(August 2015), 130–137. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.02.059

Yoanda, A. M., & Fajarini, S. D. (2023). Pentingnya Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Perantau Universitas Muhammadiyah Bengkulu Dalam Proses Pembentukan Konsep Diri. 1–10.

Yusup Program Studi Tadris Biologi, F., & Tarbiyah Dan Keguruan, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Januari-Juni, 7(1), 17–23.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Sigalingging, L. H., Setiawan, K. ., & Purnomo, A. M. . (2024). Pengaruh Perilaku Phubbing Terhadap Komunikasi Interpersonal di Kalangan Mahasiswa Universitas Djuanda Angkatan 2020. Karimah Tauhid, 3(6), 7071–7083. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13978
Abstract viewed = 2 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>