Upaya Penanganan Berita Hoax Covid-19 pada Website Diskominfo Kabupaten Bogor

Main Article Content

Kamilia Nur Afifah
Desi Hasbiyah
Koesworo Setiawan

Abstract

Upaya pencarian sebuah informasi tentang kesehatan, masyarakat harus berhati-hati karena ada saja individu, kelompok atau bahkan lembaga yang menyebarkan berita atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau terindikasi berita palsu (hoaks), yang tersebar di media sosial biasa yang sering digunakan di media sosial (Wahyu, 2017). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, di mana penulis mendeskripsikan maupun mengonstruksi wawancara-wawancara terhadap subjek penelitian (Kriantono, 2012). Metode penelitian deskriptif kualitatif didefinisikan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari subjek penelitian dan perilaku yang bisa diamati (Moleong, 2017).Informasi yang diperoleh menggambarkan beberapa strategi komunikasi yang digunakan oleh DISKOMINFO Kabupaten Bogor. Strategi ini meliputi mengadakan konferensi pers di media center, membuat pengumuman di situs web pemerintahan, serta aktif di media sosial. Penjelasan ini memberikan gambaran tentang upaya pemerintahan dalam menyampaikan informasi kepada publik dan membangun hubungan yang efektif dengan berbagai pemangku kepentingan. Hasil penelitian ini juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi kepada para pembaca lainnya dalam mencegah berita hoaks semakin berkembang. Sehingga para pembaca tidak hanya tahu jenis-jenis berita hoaksnya namun juga mampu mencegah dan menanggulangi berita hoaks di luar sana.

Article Details

How to Cite
Nur Afifah, K., Hasbiyah, D. ., & Setiawan, K. . (2023). Upaya Penanganan Berita Hoax Covid-19 pada Website Diskominfo Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 2(6), 2758–2766. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10951
Section
Articles

References

Agnes Datuela. 2013. Strategi Public Relations PT. TELKOMSEL BRANCH Manado Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Vol. 11. NO. 1

Ayub Ifandi Imran. 2017. Komunikasi Krisis. Deepublish, Yogyakarta.

Cindy Fransisca Tingkir. 2014. Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Dan Kepercayaan Merek Toyota. Vol: 8 No. 2

Dadang Imansyah. Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Kabupaten Bogor. Wawancara mengenai Upaya Penanganan Diskominfo Kabupaten Bogormenangani berita hoax. 27 Juni 2023

HB. Schultz. 2002. Reputation Management Vol: 8 No: 3

Janner Simarmata. 2019. Hoaks dan Media Sosial: Saring Sebelum Sharing!. Jakarta.

LS. Ashcroft. 1997. Crisis Management Public Relation. Vol: 12 No: 5.

Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda. Bandung.

Rahmat Hidayat. Admin Website Diskominfo Kabupaten Bogor. Wawancara mengenai Upaya Penanganan Diskominfo Kabupaten Bogor menangani berita hoax. 4 Juli 2023

Reza Fahdi Faisal. Ahli Pertama Pranata Komputer. Wawancara mengenai Upaya penanganan Diskominfo Kabupaten Bogor menangani berita hoax. 4 Juli 2023

Ronald D. Smith. 2002. Strategic Planning For Public Relations. Vol: 6 No: 4

Rony K. Pratama. 2021. Geneologi Hoaks Di Indonesia. EA Books. Yogyakarta.

Rulli Nasrullah. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Sibiosa Rekatama Media. Bandung.

Sahrul Mauludi. 2019. Awas Hoax! Cerdas Menghadapi Pencemaran Nama Baik, Ujaran Kebencian dan Hoax!. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta .

Sugeng Winarno, dkk. 2017. Turn Back Hoax: Tantangan Literasi Media Digital. Jakarta.

Warka Wak. 2011. Manajemen Komunikasi. Simobiosa Rekatama Media, Bandung.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>