Pengaruh Gaya Komunikasi Asertif Direktur Perumda Tirta Pakuan Bogor Terhadap Kinerja Kayawan

Main Article Content

Muhammad Raka
Koesworo Setiawan
Sukarelawati

Abstract

Dalam sebuah perusahaan peran direktur sangat penting untuk membangun kinerja karyawannya. Karena, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan. Salah satu komponen yang mempengaruhi tingkat produktivitas karyawan adalah gaya komunikasi. Seorang pemimpin perusahaan atau direktur memiliki gaya komunikasi yang berbeda dalam menyampaikan pesan atau data kepada karyawannya. Dalam menyampaikan pesan, seorang direktur diwajibkan memberikan informasi secara tegas, lugas, dan juga transparan tanpa memberikan kesan negatif dari karyawannya dan hal tersebut termasuk dalam gaya komunikasi asertif. Secara singkat gaya komunikasi ini lebih mengedepankan keseimbangan dalam berkomunikasi, dalam kata lain gaya komunikasi asertif lebih memiliki empati dalam menyampaikan pesan. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui gaya komunikasi asertif dari salah satu perusahaan di kota Bogor yakni Perumda Tirta Pakuan. Berdasarkan data yang penulis miliki, perusahaan tersebut memiliki perkembangan dari tahun ke tahun dan hal berkaitan erat dengan cara berkomunikasi yang dilakukan oleh direkturnya sehingga memengaruhi terhadap produktivitas karyawan. Adapun pengaruh lain dari gaya komunikasi asertif ini selain terhadap kinerja karyawan yaitu dapat memotivivasi karyawan dalam bekerja, disiplin dalam bekerja, serta meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. selain itu, hasil penelitian ini memberikan bahwa terdapat korelasi antara seberapa baik seorang karyawan bekerja serta cara mereka berkomunikasi dengan cara yang asertif.

Article Details

How to Cite
Raka, M., Setiawan, K. ., & Sukarelawati. (2023). Pengaruh Gaya Komunikasi Asertif Direktur Perumda Tirta Pakuan Bogor Terhadap Kinerja Kayawan. Karimah Tauhid, 2(6), 2738–2746. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10878
Section
Articles

References

Buku:

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Silaen, Novia Ruth. 2021. Buku Kinerja Karyawan. Widina Bhakti Persada Bandung: Bandung.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal:

A, Andjani., IA Ratnamulyani & AA Kusumadinanta. 2018. Penggunanaan Media Komunikasi WhatsApp Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan Volume 4

Paputungan, Padli., Joanne Pingkan M. Tangkudung & Anita Runtuwene. 2021. Pengaruh Gaya Komunikasi Pemimpin Terhadap Kinerja

Hapsari, Maharani Ratna & Retnaningsih. 2007. Perilaku Asertif dan Harga Diri Pada Karyawan Volume 1. Jurnal Psikologi, Universitas Gunadarma.

Widayastuti, Tri. 2017. Pengaruh Komunikasi Asertif Terhadap Pengelolaan Konflik Vol 9. Jurnal Widyacipta.

Methusala, Andreas Mickael., Fanley N. Pangemanan & Neni Kumayas, 2022. Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pengurusan Legalitas Lahan Pembangunan Perumahan di Desa Sea Vol 2. Jurnal Governance.

Fadhila, Maya Aryani., Riski Damastuti, 2023. Analisis Isi Kuantitatif Gaya Komunikasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Melalui Tiktok @ganjarpranowofc Vol VI. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Website:

https://www.tirtapakuan.co.id/

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>