Pengaruh Pesan Website Tentang Rekayasa Lalu Lintas Terhadap Sikap Pengendara Pada Cyber Public Relations Pemerintah Kota Bogor

Main Article Content

Alfian Permana Suyanto
Agustina Multi Purnomo
Sukarelawati

Abstract

Government Public Relations harus mampu memberikan pelayanan kepada publik guna memberikan informasi yang dibutuhkan. Dalam prosesnya, Public Relations membutuhkan Website sebagai media untuk menyampaikan informasi. Pesan yang berada dalam website harus mengandung unsur rasional dan emosional untuk memengaruhi sikap. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pesan website tentang rekayasa lalu lintas terhadap sikap pengendara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan hasil data dengan hasil nilai signifikansi menunjukkan pesan rasional berpengaruh terhadap pesan dengan nilai signifikansi bernilai 0.00 yang kurang dari nilai Alpha sebesar 0.05. sedangkan nilai signifikansi menunjukkan pesan emosional tidak berpengaruh terhadap pesan dengan nilai signifikansi bernilai 0.963 yang lebih besar dari nilai Alpha sebesar 0.05. Pesan ini kurang mampu mempengaruhi aspek kognitif, afektif, dan konatif sikap pengendara.

Article Details

How to Cite
Suyanto, A. P. ., Purnomo, A. M. ., & Sukarelawati. (2024). Pengaruh Pesan Website Tentang Rekayasa Lalu Lintas Terhadap Sikap Pengendara Pada Cyber Public Relations Pemerintah Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(3), 3088–3102. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12357
Section
Articles

References

Alifa, Fatima., Hapsari, Retno Dwi.(2022). Effectiveness of Cyber Government Public Relations in Dissemination of Health Information as a Form of Crisis Communication (Case: Covid-19 Health Information Bogor Regency Community). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Vol. 05 (06) 2021 | 837-879. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i6.875. Pp 12-50

Maulidia, Rafiqa. (2020). Peran Humas Pemerintah Sebagai Sarana Komunikasi Publik (Studi Pada Bagian Humas Dan Protokol Pemerintah Kota Bogor). Universitas Gunadarma Jurnal. Vol.14 Edisi 07 Juli 2020.

Nuraniah, Lulu., Alamsyah, Putri Firstnila., Watu, Toda Ka Zefanya., Miftahudin., Jayawinagun, Roni. (2021). Pengaruh Cyber Public Relations Pemerintah Terkait COVID-19 Terhadap Sikap Masyarakat Kota Bogor. Jurnal Communicology, Vol.9 (No.2) : hal. 247 - 260 Th. 2021. p-ISSN: 2339-1480. e-ISSN: 2580-9172. http://journal.unj.ac.id/

Ikhsano, Andre., Sutanto, Ferinda, Danise., Stellarosa, Yolanda., (20230. Communication Strategy of the Ministry of Communication and Information Technology in Preventing the Spread of Hoax on Social Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Vol. 8 (1), 2022. E-ISSN: 2503-0795. P-ISSN: 2548-8740. http://dx.doi.org/10.25008/jkiski.v8i1.750. PP 208-216

Hasanah, Khuswatun., Indriani,Vivi., Ashrianto, Dwi, Panji.,(2021). Communication Strategy Of Family Planning Program During The Covid-19 Pandemic Period In Magelang Regency, Central Java. Penelitian Komunikasi dan Pengembangan. Vol. 22 No.2

Simatupang, Oktolina. (2019). The Competence Of Government Public Relations In Responding To The Industrial Revolution 4.0. Penelitian Komunikasi dan Pengembangan.Vol.21 No. 1

Simamora, Lestari, Dina., (2019). Pengaruh Pesan Kampanye #Genzhetikyuk! Terhadap Sikap Ramah Lingkungan Pengikut Akun Instagram @Dutalingkunganpku. JOM FISIP. Vol.6: Edisi II Juli

Basri, Hasan. (2016). Pengaruh Karakteristik Pesan Kampanye Kesehatan Terhadap Sikap Hidup Sehat Ibu Ibu Anggota Posyandudi Kota Bandar Lampung. Bisnis Darmajaya. Vol.02 No, 01

Umanailo, Basrun, Chairul, Muhammad., (2023). Rasioanl dan Irasional dalam Tindakan Sosial Max Weber. Kajian Sosiologi Klasik, Modern dan Kontemporer. Edisi 1 No 5. e https://www.ojs.ycit.or.id/index.php/KTSK/about. Pp 1-5

Pratiwi, Suci, Cholillah. (2018). Implementation Of E-Government On Government Website Towards Government Governance Based On Open Government In Jambi Province. Khazanah Intektual. Vol 2 No 1.

Putra, Satria, Martin. (2019). Faktor Emosional Dan Rasional Nasabah Dalam Menggunakan Jasa Perbankan (Studi Pada Pt. Bri Syariah Cabang Bengkulu). UIN Bengkulu.

Syafrikurniasari, Nuri., Widiani, Putri. Safira. (2020). Pengaruh Pesan Kampanye No Straw Movement Di Media Sosial Terhadap Perubahan Sikap Publik. Lugas. Vol 4 No 1. Pp 17-26

Putri, Arema, Rahel., Rorong, Pingkan F, Ita., Tumangkeng, L,Y, Steeva. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daya Listrik Rumah Tangga Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 23 No. 1 Januari 2023

Prawiyogi, Giri, Anggy., Sadiah, Latifatu, Tia., Purwanugraha., Elisa, Nur, Popy. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicebu. Vol. 5 No 1. https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Setyawati, Ria. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen. Volume. 19 Issue 1 Pages 57-63.

Amin, Fadilah, Nur., Garancang, Sabarudin, Abunawas, Kamaluddin.(2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal PILAR:jurnal kajian islam kontemporer. Volume 14 , No. 1.p-ISSN: 1978-5119. e-ISSN: 2776-3005

Aryani, Tika, Erina., Kurnianingsih, Heny. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kepercayaan Merek, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat Di Surakarta. Jurnal Maneksi. Vol. 12. No. 2. p-ISSN: 2302-9560/e-ISSN: 2597-4599

Sebastian, Aaron., Pramono, Rudy. (2021). Pengaruh Perceived Value, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Outlet Nike Di Jakarta. FAIR VALUE, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. Vol 4 No 3. P-ISSN 2622-2191 , E-ISSN 2622-2205

Maimunah, Siti., Yusuf, Akbar., Sunarya, Herni. (2020). Analisis Sikap, Minat Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Keputusan Menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal Akuntansi. Vol 7 No 1. Hal 58-70

Ardista, Rini. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Langit Membiru Wisata Bogor. Jurnal Parameter. Vol 6 No 1. Hal 38-49. ISSN 1979-8865

Jabnabillah, Faradiba., Margina, Nur. (2022). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Sintak. Vol 1 No 1. https://doi.org/

Indri, Zakia, Firsti., Putra, Hamdani, Gerry., (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Konsentrasi Pasar Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2020. Jurnal Jimek. Vol 2 No 2. E-ISSN : 2809-9427 P-ISSN : 2809-9893

Antony, Richard., Oktaviani, Roswita. (2020). Pengaruh Kredibilitas Komunikator Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Produk AHHA Atta Halilintar). Prologia. Vol 4 No 1. Hal 153-159. EISSN 2598-0777

Luas, Florentina, Ananda., Sondakh., Londa J.W. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Dalam Menunjang Program Pengurangan Kemasan Plastik Pada Masyarakat Kelurahan Tosuraya Barat.

Susanto, Tri., Utamidewi, Wahyu., Muhammad, Nur, Prakasa, Reka., Syamsuri, Ali Satri. (2019). Implementasi Cyber Public Relations Universitas Singaperbangsa Karawang Pada Persaingan Era Digital. Jurnal Muara. Vol 3 No 1. Hal 200-201. ISSN 2579-6348

Rahmawati, Mahardika, Primasari., Abidin Zainal., Cahyo, Dwi, Bagus., Huda, Nurul. (2021). Buku Ajar Psikologi. KHD Production. ISBN 978-623-6916-50-6

Jervis, Robert. (1988). War and Misperception. University Press.

Djumadal, J. Surat. (2013). Penerapan e-Government dan Berbagai Kendala di Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi& Komunikasi untuk Indonesia. Institut Teknologi Bandung.

Novianty Diafri. 2014. Manajemen Kecerdasan Emosi Untuk Kepala Sekolah. Gorontalo:Ideas Publishing.

Robert K. Cooper dan Ayman Sawaf. 2000. Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. hal. 15.

Jeanne A. Gardner. 2004. Bukan Seberapa Cerdas Diri Anda Tetapi Bagaimana Anda Cerdas. Terjemahan Arvin Saputra. Batam: Interaksara. hal. 18.

Goleman, Daniel. 2001. Kecerdasan Emosional. Terjemahan T. Hermany, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. hal. 411.

Rakhmat, Jalaludin. 2018. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Littlejohn, Stephen W., Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Johnson, Doyle Paul. 1988. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Di Indonesiakan oleh Robert M. Z. Lawang. Jakarta: PT Gramedia.

Dudi Hartono. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Psikologi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Hawkins, D.I., Mothersbaugh, D.L. 2010. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy.11th edition. McGraw-Hill, Irwin

Rahmawati. Primasari Mahardhika., Abidin.Zainal., Huda.Nurul., Cahyono. Bagus Dwi. 2021. Buku Ajar Psikologi. KHD Production.

Bob Julius Onggo. 2004. Cyber Public Relations. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Simangunsong. Agnes Rumata. 2021. Analisis Pengaruh Sikap Rasional dan Irasional dalam Pengambilan Keputusan Investasi Investor di Bursa Efek Indonesia Kota Palangka Raya. Jurnal Manajemen Sains dan Organisasi. Vol 2 No 2. P-ISSN: 2685-4724 E-ISSN: 2798-9577

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>