Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Minat Beli Pelanggan di Toko H&M Aeon Sentul Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12756Keywords:
marketing Public Relations, H&M, Minat Beli PelangganAbstract
Di era digital e-commerce menjadi bisnis yang terus berkembang, sehingga para pebisnis dapat memanfaatkan penjualan internet yang telah meningkat dan mampu mengubah perilaku konsumen dalam pola belanja dari konvensional ke pasar digital. Salah satu bisnis fashion yang semakin marak dan semakin berkembang pesat di dunia ialah H&M. Adapun munculnya perspektif yang berbeda mengenai seberapa pengaruhnya gaya hidup, inovasi produk, pengaruh marketing terhadap minat beli pada produk fashion H&M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Marketing Public Relations terhadap minat beli pelanggan Toko H&M AEON Sentul Bogor. Pendekatan penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Untuk menganalisa data, penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi serta uji hipotesis menggunakan Uji T. Adapun Variabel yang diuji pada penelitian ini seperti variabel Marketing Public Relation meliputi indikator Publication, Identity Media, Events, News, Speeches, Public Activity Services dan Sponshorship. Selain itu juga, terdapat indikator dari variabel Minat Beli Pelanggan yaitu Minat Transaksional, Minat Referensial dan Minat Eksploratif. Melihat dari hasil analisis regresi linear sederhana dalam penelitian ini adalah Y = 3,302 + 0,149X, nilai konstan adalah 3,302 dan koefisien regresi X adalah 0,149. Berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh, yaitu 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa variabel marketing public relations (X) berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pelanggan (Y). Lalu, pada koefisien determinasi menghasilkan bahwa koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,120 yang bermakna bahwa pengaruh variabel bebas (marketing public relations) terhadap variabel terikat (Minat beli konsumen) adalah 12%. Sedangkan pada hasil uji T melihat dari t hitung adalah 10,594 lebih besar dari nilai t tabel 1,660 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Maka dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa marketing public relations berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Dari hasil ini, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa marketing public relations berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Toko H&M AEON Sentul Bogor.
References
Alfrialnsyalh, J., Aldhrialnti, L., & Gushevinallti, G. (2023). Malrketing Communicaltion Straltegy @Salmalsebengkuluofficiall in Increalsing the Customer Buying Interest (Study of @Salmalsebengkuluofficiall Als the 1St Store of Salmalse Product in the City of Bengkulu). Internaltionall Journall of Entrepreneurship alnd Malnalgement Pralctices, 6(20), 01–13. https://doi.org/10.35631/ijemp.620001
CEIC Daltal. (2023). Pertumbuhaln Penjuallaln Ritel di Indonesial. https://www.ceicdaltal.com/id/indicaltor/indonesial/retalil-salles-growth
Dewi, R. M., & Halrtono, T. (2019). E-Commerce Malrketing Communicaltion Straltegies on Consumer Buying Interest. IOP Conference Series: Malterialls Science alnd Engineering, 662(3). https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/3/032013
H&M. (2023). H&M Group. https://hmgroup.com/bralnds/hm/
Jalnnalh, L. M., & Pralsetyo, B. (2011). Pendekaltaln Kualntitaltif. Malteri Pokok Metode Penelitialn Kualntitaltif, 1–19. http://repository.ut.alc.id/4598/2/SOSI4311-M1.pdf
Malrsudi, E., & Putral, R. Y. Al. (2023). Pengalruh Bralnd Imalge Daln Store Altmosphere Terhaldalp Loyallitals Pelalnggaln Paldal Store H&M Di Malll Kelalpal Galding. Jurnall Aldministralsi Bisnis, 3(1), 72–81.
Purnomo, Al. M. (2022). Sociall Falctors alnd Sociall Medial Usalge Alctivities on Customer Palth 5Al Continuity Due to E-Malrketing Communicaltion. Internaltionall Journall of Sociall Science alnd Business, 7(1), 11–24. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i1.46701
Purnomo, Al. M. (2023). EFEKTIFITAlS PENGGUNAlAlN PESAlN DAlLAlM MEDIAl KOMUNIKAlSI PEMAlSAlRAlN ONLINE. 8(2), 232–245.
Purnomo, Al. M., Halsbiyalh, D., & Faluzialh, I. Al. E. (2023). Personall Kalralkter Ijonk Malke Up Alrtist Paldal Penggunalaln Jalsal Ijonk Wedding Orgalnizer Dallalm Membalngun Minalt Pelalnggaln. 2, 2360–2370.
Purnomo, Al. M., Praltidinal, G., & Setialwaln, M. F. (2022). KOMUNIKAlSI PEMAlSAlRAlN PERUSAlHAlAlN PAlSCAlPAlNDEMI: STUDI RESPON PELAlNGGAlN TERHAlDAlP PESAlN DI INSTAlGRAlM. Jurnall Komunikaltio, 8(2), 103–112.
Purnomo, Al. M., Setialwaln, K., & Walrdalni, Z. E. (2023). Pengalruh Frekuensi Terpalaln Medial Twitter Terhaldalp Perilalku Fealr of Missing Out Konser Musik Paldal Falnbalse BTS Indonesial. 2, 2629–2638.
Rohaleni, H., Pitallokal, I., & Yuliyalnal, W. (2019). Malrketing Public Relaltions Terhaldalp Kepualsaln Pelalnggaln. Jurnall Salin Malnalgemen, 1(1), 10–18.
Rukaljalt, Al. (2018). Pendekaltaln Penelitialn Kualntitaltif: Qualntitaltive Resealrch Alpproalch. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=1pWEDwAlAlQBAlJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitialn+deskriptif+kualntitaltif+menurut+alhli&ots=9QhAlyp9Mo3&sig=QMvEOalJqtLl2pj-qkQdE04k8oGM&redir_esc=y#v=onepalge&q=penelitialn deskriptif kualntitaltif menurut alhli&f=fallse
Utomo, N. W. (2021). PENGAlRUH PROMOSI DAlN HAlRGAl TERHAlDAlP MINAlT BELI PRODUK H&M DI JAlKAlRTAl BAlRAlT. Jurnall Malnalgemen Bisnis Daln Kewiralusalhalaln, 5(3), 285–290.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Heri Hermawan, Agustina Multi Purnomo, Maria Fitriah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.