Komunikasi Persuasif dalam Promosi Bogor City of Runners di Instagram @bimaaryasugiarto

Main Article Content

Yurizal Tri Chaerawan
Agustina Multi Purnomo
Sukarelawati

Abstract

Pada realitanya kegiatan persuasif memiliki makna untuk menyampaikan tekanan kepada penerima pesan supaya terjadi perubahan sikap, pendapat dan tingkah lakunya atas kemauan diri sendiri dan tidak karena keterpaksaan (Suranto, 2010). Menurut Maulana dan Gumelar (2020) Terdapat komponen atau elemen dalam komunikasi persuasi oleh karena itu baru bisa dikatakan komunikasi persuasif, yaitu claim, warrant, dan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif Bima Arya Sugiarto dalam promosi Bogor city of runners. Metode penelitian ini menggunakan penelitian survey beserta pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara wawancara, pemilihan narasumber, dan observasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Bima Arya telah berjalan dengan baik dan sesuai. Komunikasi persuasif yang dilakukan Bima Arya dalam mempromosikan Bogor City of Runners memiliki tujuan persuasi yang tersurat (eksplisit) maupun tersirat (implisit). Bima Arya juga memberikan data-data serta mengajak masyarakat untuk ikut serta.

Article Details

How to Cite
Chaerawan, Y. T., Purnomo, A. M., & Sukarelawati. (2024). Komunikasi Persuasif dalam Promosi Bogor City of Runners di Instagram @bimaaryasugiarto. Karimah Tauhid, 3(4), 4342–4346. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12803
Section
Articles

References

Anwar, M. R. (2021). Teacher Communication Ability in Supporting Art Achievement of Students with Disability. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 1301-1310.

Maulana, H., & Gumelar, G. (2020). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: IN Media.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Prokompim. (2022, 12 18). Pemkot Luncurkan Aplikasi Bogor City of Runners, Berlari Dapat Point. Diambil kembali dari Pemerintah Daerah Kota Bogor.

Purnomo, A. M. (2023). Efektifitas Penggunaan Pesan dalam Media Komunikasi Pemasaran Online. Journal of Communication Studies, 238.

Suranto, A. (2010). Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>