Konsep Peran Kader Posyandu dalam Komunikasi Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Teluk Pinang Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor

Main Article Content

Laras Diana Putri
Muhammad Luthfie
Desi Hasbiyah

Abstract

Kader atau kadra seringkali menjadi istilah yang sering kita dengar dalam konteks organisasi dan kepemimpinan. Kader menjadi elemen penting dalam sebuah organisasi, terutama organisasi yang memiliki tujuan untuk melakukan perubahan sosial. Kader menjadi tulang punggung organisasi dalam meraih tujuan yang telah ditentukan. Studi ini mengadopsi metode kualitatif, di mana peneliti akan menghimpun informasi melalui proses wawancara mendalam dengan informan dan melakukan observasi langsung terhadap objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi Kader Posyandu dalam meningkatkan kesejahteraan kesehatan ibu dan anak di Desa Teluk Pinang Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kader Posyandu di Desa Teluk Pinang memiliki interaksi yang aktif dengan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

Article Details

How to Cite
Putri, L. D. ., Luthfie, M., & Hasbiyah, D. (2024). Konsep Peran Kader Posyandu dalam Komunikasi Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Teluk Pinang Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(6), 6327–6333. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13387
Section
Articles

References

Ardianto, A. (2011). Komunikasi massa: Suatu pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Barbie, R. A. (2017). Observational research: A guide for beginners. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Forsyth, D. R. (2014). Group dynamics (6th ed.). Belmont, CA: Wadsworth Cengage

Learning.

Frey, L. R., & Gouran, D. S. (2011). The group communication process: An introduction to communication in groups (8th ed.). Wadsworth Cengage Learning.

Hamidi, A. (2005). Metode penelitian kualitatif. Malang: Universitas Brawijaya Press. Harrington, R. A., & Thompson, T. L. (2020). Health communication: A primer for public health professionals. Jones & Bartlett Learning.

Henslin, J. M. (2018). Sociology: A down-to-earth approach (17th ed.). Boston, MA: Pearson.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nasution, A. S. (2020). Pengantar sosiologi: Teori, metode, dan terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurhayati, W., Wahyudi, D. F., & Trisianawati, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi cakupan imunisasi dasar lengkap pada balita di wilayah kerja Puskesmas Samarinda Kota. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 12(1), 62-71.

Sari, R. (2020). Komunikasi yang Efektif Kader Posyandu dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Balita tentang Imunisasi. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(1), 12-21.

Sirgy, M. J., Lee, D., & Wu, W. (2018). The theory of self-congruity: Past, present, and future. Journal of the Academy of Marketing Science, 46(1), 1-23.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Triyantono. (2020). Kader Posyandu: Peran dan Tantangan dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(1), 1-11.

Wardani, E. P. (2018). Peran Rumah Sakit dalam Menjamin Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas bagi Masyarakat. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesehatan, 5(2), 133-142.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>